Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Tidur

Info Kesehatan Sebuah penelitian oleh National Center on Sleep Disorder di Amerika membuktikan bahwa masyarakat masa kini tidur lebih sedikit dibanding satu abad yang lalu. Padahal kurang tidur bisa menimbulkan akibat-akibat buruk, antara lain melemahnya sistem kekebalan tubuh serta menurunnya kemampuan berkonsentrasi, perhatian, dan produktivitas. Karena itu tidur seharusnya dijadikan prioritas dan bukan sekadar kebutuhan yang bisa 'ditawar'. 

Cukupkah tidur Anda?

Anda bisa saja tidur hanya 4  jam
di malam hari dan merasa baik-baik saja. Namun bila siangnya Anda berada di ruangan dengan stimulus rendah – misalnya ruang seminar yang membosankan pada pukul 2 siang, Anda akan mati-matian berusaha melek. Jadi, berapa jam seharusnya Anda tidur? Cobalah tes sederhana ini. Perkirakan berapa lama kebutuhan tidur Anda dalam sehari, misalnya 7 jam.

Selama 6 hari, tidurlah pada jam yang sama setiap malam (misalnya mulai pukul 22.00)  dan pasang weker agar Anda bangun di jam yang sama setiap pagi (misalnya pukul 5.00). Pada hari ketujuh, tetaplah tidur pukul 22.00, tapi jangan pasang weker. Jika esok harinya Anda terbangun pukul 5.00 dengan sendirinya, berarti kebutuhan tidur Anda telah terpenuhi. Tapi bila Anda molor jauh dari pukul 5.00, berarti Anda perlu tidur lebih dari 7 jam sehari.

Tes ini akan membuat Anda lebih memahami kebutuhan tidur Anda. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan tidur yang berbeda. Yang jelas, tidur dalam jumlah yang cukup secara berkesinambungan akan membuat Anda 'terjaga' di siang hari dan segar setiap bangun tidur. Jika Anda tak bisa bangun tanpa weker, sudah pasti Anda kurang tidur.

Tidur berkualitas

Anda sudah tidur selama satu jam, tapi ketika bangun merasa seperti baru tidur 5 menit? Ini tentu terkait dengan kualitas dan tahapan tidur. Selama tidur, kita akan memasuki 5 tahapan sebelum akhirnya pulas. Dalam tahap pertama, mata sudah terpejam, tapi jika terbangun Anda merasa belum tidur. Pada tahap kedua, detak jantung melambat, suhu badan menurun. Tubuh bersiap-siap untuk tidur pulas. Sedangkan tahap ketiga dan keempat adalah tahap tidur pulas.

Pada tahap keempat yang lebih intens, sel darah merah diperbarui dan hormon-hormon yang penting untuk pertumbuhan dan penyembuhan diproduksi. Tahap kelima atau Rapid Eye Movement (REM) sangat penting untuk kesehatan mental. Pada tahap ini, fungsi-fungsi kognitif, pembelajaran, dan daya ingat diasah. Mimpi paling sering terjadi pada tahap REM. Sebelum mencapai REM, tahap 1—4 berlangsung 90 sampai 120 menit dengan pengulangan tahap dua dan tiga. Jadi tahapan tidur yang normal adalah: tahap 1, 2, 3, 4, 3, 2, REM.

Lamanya tahap 4 dan REM  menentukan kualitas tidur Anda. Orang yang hanya tidur 6 jam dengan porsi tahap 4 dan REM-nya cukup, akan bangun lebih segar dibanding yang tidur 8 jam tapi  porsi tahap 4 dan REM-nya kurang. Jadi, lamanya tidur tidak selalu menentukan kualitas. Anda sudah tidur lama tapi tetap merasa cepat lelah dan sangat mengantuk? Hati-hati, bisa jadi Anda menderita hipersomnia. Berbeda dari insomnia yang menyebabkan sulit tidur, hipersomnia adalah gejala gangguan tidur berupa kantuk yang berlebih. Jika Anda mengalami hipersomnia atau insomnia, berkonsultasilah segera pada dokter.

0 Response to "Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Tidur"

Posting Komentar