Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

Info Kesehatan Dalam hidup ini, kadang kita hanya diberi satu kesempatan yang tak boleh disia-siakan, karena mungkin tak ada lagi kesempatan kedua. Menjaga kesehatan tubuh, termasuk semua organ adalah salah satu kesempatan itu. Sebab, bila satu organ terlanjur rusak, meskipun mungkin bisa sembuh, belum tentu fungsinya seperti semula. Selagi ada kesempatan, segera ganti isi lemari es, kenakan baju olahraga, dan lakukan tindakan penyelamatan organ-organ tubuh Anda. 

Otak
Selama kita hidup, otak terus beregenerasi dengan memproduksi neuron (sel-sel yang  mengirim sinyal dari dan ke otak). Agar kerja regenarasi
berjalan maksimal, gerakkan selalu badan Anda. Olahraga dapat mendorong pembetukan neurogenesis (formasi neuron baru) yang akan menjaga memori otak agar tidak cepat pikun. Karena itu, berolahragalah minimal tiga kali seminggu selama 30 menit. Selain itu, hindari makanan berlemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar lemak darah dan memicu demensia (kepikunan). Gantilah dengan makanan tinggi serat yang dapat menetralisasi lemak dalam darah.

Usus
Sel-sel usus termasuk yang paling cepat bekerja dalam tubuh. Karena itu, makin sehat usus Anda, makin baik pula kerjanya dalam mencerna makanan. Bila usus sehat, keluhan perut kembung pun hilang. Jaga kesehatan usus dengan menambahkan makanan kaya serat. Serat dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru dalam usus yang dapat mengoptimalkan kerja usus.
   
Agar usus sehat dan berat badan ideal, awali hari Anda dengan sarapan roti gandum atau oatmeal. Buah dan sayuran masing-masing dua porsi sehari  juga bagus  untuk kesehatan usus. Agar tak bosan, selingi dengan minuman probiotik, seperti yogurt. Saat terbaik mengonsumsi minuman probiotik adalah setelah makan. Sebab, usus dapat menerima manfaat maksimal dari bakteri baik yang terkandung dalam minuman probiotik. Minuman jenis ini dapat mempersingkat waktu transit kotoran yang terkumpul dalam usus besar, dan BAB pun jadi lancar. Dengan begitu, akan berkurang risiko kanker usus besar yang disebabkan oleh BAB tak lancar.

Jantung
Kerja organ yang satu ini begitu berat. Setiap hari jantung memompa lebih dari 9000 liter darah dan berdetak kurang lebih 3000 juta kali selama Anda hidup. Bila Anda terlalu banyak memasukan kolesterol ke dalam tubuh, kerja jantung semakin berat. Sebab, kolesterol menghambat jalannya darah menuju bilik arteri. Risiko serangan jantung dan stroke pun meningkat. Mengingat begitu penting peran jantung, sayangi dan rawatlah organ ini dengan banyak mengonsumsi makanan kaya serat serta susu rendah/non lemak. Sebab, susu membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh hingga 10 persen selama tiga bulan.

Paru-paru
Fungsi organ utama untuk bernapas ini adalah membersihkan kotoran yang masuk ke dalam rongganya. Namun kadar polusi udara yang kian tinggi –antara lain dari debu dan asap rokok, akan menghalangi sistem pembersihan paru-paru dalam tubuh. Bila Anda ingin bernapas dengan lega, selamatkan paru-paru dengan asupan vitamin A yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan membantu regenarasi sel paru yang terkena polutan atau zat toksin. Vitamin A ada di dalam sayuran berwarna  oranye, merah, dan hijau, misalnya wortel, tomat, dan bayam. 

Hati
Hati atau liver adalah satu-satunya organ tubuh yang dapat pulih seperti sedia kala setelah sebagian dari organ ini mengalami kerusakan (hipertrofi kompensatori). Namun, hal ini hanya terjadi bila hati belum mengalami sirosis (pengerasan, penyakit hati kronis yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat).
   
Kerja hati tidak sedikit, dari menyaring darah, memproses dan mengikat lemak pada pengangkutnya (protein) –termasuk kolesterol-- serta memproduksi protein-protein penting, seperti albumin, yang mengatur pengakutan cairan di dalam darah dan ginjal. Karena itu Anda perlu mendukung sistem kerja hati dengan mengurangi asupan makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet dan alkohol. Jangan lupa mengonsumsi makanan kaya vitamin C (sayur dan buah berwarna merah dan kuning),  vitamin E (kacang-kacangan), serta selenium yang banyak terdapat dalam makanan laut.

Ginjal
Gaya hidup yang tak sehat bisa meningkatkan risiko gagal ginjal. Padahal, fungsi ginjal sangat penting. Tak hanya menyaring darah dan membersihkan 'limbah' serta menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh, tapi juga mengontrol tekanan darah dan menstimulasi produksi sel-sel darah merah. Tak ada kata terlambat untuk mengurangi konsumsi minuman kemasan, dan saat ini juga perbanyak minum air putih, lalu lanjutkan dengan segelas jus lemon. Kebiasaan ini akan membantu ginjal untuk mengeluarkan racun-racun tubuh lewat urine.  

0 Response to "Menjaga Kesehatan Organ Tubuh"

Posting Komentar