Payudara Terasa Nyeri Menjelang Menstruasi

Kesehatan Payudara Tidak sedikit yang mengalami rasa nyeri pada payudara menjelang menstruasi. Bahkan beberapa di antara Anda merasakan nyeri seperti ditusuk jarum. Payudara menjadi besar, bengkak, dan terasa berat. Sebenarnya, normal nggak payudara nyeri menjelang menstruasi?

Menurut penjelasan dr. Handris Yanitra, selama siklus menstruasi, produksi hormon estrogen meningkat dan mencapai puncaknya sebelum mencapai siklus pertengahan menstruasi. Hal ini menyebabkan pembesaran kelenjar pada payudara. Sebelum memasuki menstruasi atau premenstrual, hormon progesteron meningkat dan memuncak pada hari ke 21 (pada siklus 28 hari menstruasi) dan menyebabkan pertumbuhan kelenjar susu pada payudara.

Sedangkan adanya keluhan bengkak dan nyeri payudara menjelang menstruasi biasanya dihubungkan dengan keadaan yang disebut dengan PMS (Premenstrual Syndrome). Jadi payudara nyeri ini masih dalam batas normal. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan terapi seperti melakukan diet seimbang antara konsumsi buah dan sayuran dan diet rendah gula garam, kafein maupun alkohol guna membantu meningkatkan kondisi tubuh Anda.

Pada saat atau sebelum menstruasi, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat, vitamin b6 , kalsium dan magnesium untuk mengurangi gejala tambahan seperti keram dan gangguan mood selama fase PMS.