Mengenali Pemicu penyakit Kanker Payudara

Kesehatan Payudara Penderita kanker payudara menduduki peringkat teratas dalam banyaknya pasien yang dirawat inap di rumah sakit. Penyakit ini juga merupakan penyakit mematikan nomor dua bagi wanita Indonesia serta menduduki penyakit mematikan nomor lima di dunia. Maka dari itu Ladies, Anda sebaiknya berhati-hati dengan yang namanya penyakit kanker payudara. Tidak ada salahnya kan jika Anda menyimak pemicu dari penyakit mematikan ini?

Memang sih, belum diketahui secara pasti tentang penyebab utama dari kanker payudara. Namun, Anda perlu mengenali pemicu penyakit kanker payudara Sebagai berikut :

  •  Hamil usia dini. Instrumen yang terdapat pada reproduksi wanita memerlukan waktu untuk berproses hingga akhirnya siap dibuahi. Namun, jika Anda hamil di usia dini akan memaksa alat-alat reproduksi bekerja sebelum mereka matang dengan sempurna. Salah satunya alat reproduksi payudara Anda yang berisiko terhadap kanker nantinya.
  • Faktor genetik. Jika Anda memiliki ibu atau saudara kandung yang mengidap kanker payudara, biasanya memiliki risiko lebih besar terhadap penyakit kanker payudara.
  • Abnormal pubertas. Remaja yang mengalami pubertas terlalu awal atau terlalu lambat juga diyakini memiliki ketidakstabilan hormon yang dapat menimbulkan gangguan metabolisme.
  • Merokok. Merokok atau menghirup asap rokok merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko terkena kanker payudara karena kandungan nikotin yang terbukti dapat merusak sel dalam tubuh Anda
  • Berat badan berlebih. Wanita dengan berat badan lebih atau obesitas merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Sebab kelebihan lemak tubuh dapat memicu peningkatan kadar hormon esterogen dan insulin yang diketahui dapat memicu kanker.
  • Gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk juga merupakan pemicu timbulnya sel kanker.
  • Terapi hormon. Wanita yang menggunakan terapi hormon cenderung berisiko mengacaukan kinerja sel-sel dalam tubuh yang juga memicu tumbuhnya sel-sel kanker payudara.

Akan tetapi, jika Anda sudah terdiagnosa menderita kanker payudara, Anda bisa melakukan hal-hal berikut guna mengurangi penderitaan kanker payudara:
  1. Senam kesehatan. Beberapa kegiatan olah raga dipercaya dapat merelaksasikan serta melancarkan peredaran darah. Misalnya saja senam pilates dan senam yoga yang diakui dapat membantu mengurangi penderitaan pengidap kanker payudara.
  2. Brokoli. Sayuran brokoli mengandung senyawa kimia yang bernama sulforaphane dalam kadar tinggi yang terbukti dapat membunuh sel kanker dan mencegah penyebaran infeksi ke jaringan yang lain.
  3. Herbal. Obat-obatan herbal mengandung antioksidan dan tanaman keladi tikus. Senyawa ini diyakini dapat menguatkan daya tahan tubuh dalam melawan sel-sel kanker.