Penderita Diabetes Bisa Berisiko Kebutaan

Info Kesehatan Retinopati diabetik merupakan penyebab utama kebutaan pada penderita diabetes di seluruh dunia. Secara perlahan, terjadi kerusakan pembuluh darah retina atau lapisan saraf mata sehingga mengalami kebocoran. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan yang mengandung lemak,
serta perdarahan pada retina. Lambat laun, kondisi itu menyebabkan penglihatan buram, bahkan kebutaan.

Penyebab
Retinopati diabetik merupakan salah satu komplikasi serius diabetes. Kadar gula darah yang tinggi secara terus-menerus dan tidak dikontrol, akibat manajemen diabetes yang tidak baik.

Gejala
Pasien mengeluh melihat bayangan benda-benda hitam melayang mengikuti pergerakan mata, atau mendadak penglihatannya terhalang. Bisa juga terjadi edema makula, pembengkakan atau penumpukan cairan di daerah pusat retina sehingga pasien mulai mengalami kesulitan membaca/menulis, menonton tv atau mengenali wajah orang.

Pengobatan
Tindakan fotokoagulasi laser pada retina berfungsi menutup kebocoran pembuluh darah retina, mengurangi edema makula dan mencegah timbulnya rangsang untuk pembentukan neovaskular, dibarengi dengan manajemen diabetes yang baik. Bisa juga dengan melakukan bedahan vitrektomi, yaitu tindakan bedah mikro yang bertujuan membersihkan perdarahan badan kaca, membebaskan retina dari segala tarikan akibat pertumbuhan neovaskular dan mengaplikasikan sinar laser secara langsung di dalam bola mata.

Pencegahan
Bagi pengidap diabetes, sebaiknya memeriksakan kondisi mata secara rutin sejak gejala awal diabetes mulai dirasakan.


0 Response to "Penderita Diabetes Bisa Berisiko Kebutaan"

Posting Komentar