Cara Mengobati Demensia

Info kesehatan Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa terjadi peningkatan fungsi otak pada penderita Demensia ketika mereka menyanyikan lagu-lagu tertentu. Studi selama lebih dari empat bulan yang dilakukan kepada pasien demensia menunjukkan bahwa menyanyi bersama, lebih bisa meningkatkan fungsi otak dibanding hanya mendengarkan saja. Lagu-lagu yang perlu dinyanyikan antara lain merupakan backsound film seperti:
The Sound of Music, The Wizard of Oz, dan Pinocchio.

Jane Flinn, seorang neuroscientist dari George Mason University di Virginia mengatakan, day care home untuk penderita demensia perlu mempertimbangkan kegiatan bernyanyia bersama sebab kegiatan ini murah, menghibur, dan tentu saja bermanfaat bagi penderita Alzheimer.

"Pesannya adalah: Anda perlu melakukan hal-hal yang melibatkan mereka, dan bernyanyi adalah hal yang murah, mudah, dan menarik," katanya.

Rekan Flinn, Linda Maguire yang bekerja pada rumah perawatan demensia di pantai timur AS juga melakukan sesi bernyanyi untuk para pasiennya. Terdiri atas dua grup yang melakukan sesi bernyanyi 50 menit seminggu selama 4 bulan. Linda mengajak kelompok pasien menyanyikan lagu The Sound of Music, When You Wish Upon a Star dan Somewhere Over the Rainbow.

Sesi menyanyi memiliki efek yang mencolok setelah diadakan serangkain tes usai penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan mental pasien meningkat setelah empat bulan. Penemuan ini dijelaskan pada pertemuan Society for Neuroscience di San Diego.

Meskipun penderita demensia kehilangan memori dan penurunan fungsi otak, namun menyanyi dapat mengaktifkan rakit di area otak. Mendengarkan musik memicu lobus di sisi kanan otak, namun bernyanyi dan berbicara menyebabkan lebih banyak rangsangan di otak kiri. "Banyak orang tumbuh bersama lagu-lagu yang ia nyanyikan dan ingatan tentang lagu itu ternyata masih ada. Ketika mereka mulai bernyanyi, mereka mengembalikan ingatan itu," ujar Flinn.

Temuan ini didukung oleh temuan peneliti dari Helsinki University yang melihat dampak dari kursus menyanyi 10 minggu pada pasien demensia. Dibandingkan perawatan standar, bernyanyi dan mendengarkan musik meningkatkan suasana hati, juga memori. Perhatian dan keterampilan kognitif juga meningkat.

Kini, Komunitas Alzheimer di Inggris mulai mengadakan sesi bernyanyi kelompok secara nasional.

0 Response to "Cara Mengobati Demensia"

Posting Komentar