Pil Kb Tidak Bisa Menunda Menopause

Berbagai mitos tentang menopause berseliweran di sekitar kita. Tentu semuanya tidak mutlak salah. Tapi, sejauh mana kebenarannya?

MITOS : Wanita yang rutin mengonsumsi kontrasepsi oral (pil KB) bisa menunda datangnya menopause.

Alasan: Salah satu penyebab menopause adalah habisnya cadangan sejumlah hormon dalam tubuh, antara lain estrogen dan progesteron. Pil KB antara lain mengandung etinil estradiol (hormon estrogen sintetis) dan ciproteron asetat (hormon progesteron sintetis). Kedua hormon sintentis inilah yang 'menahan' datangnya menopause.

FAKTA: Salah. Pil KB bekerja dengan cara menekan pelepasan hormon gonadotropin dari otak (FSH, LH), untuk menumbuhkan sel telur di ovarium. Namun, pola rekrutmen sel-sel folikel primordial untuk berkembang menjadi sel-sel folikel yang lebih matang tidak harus menunggu keluarnya hormon gonadotropin (gonadotrophin independent). Jadi yang ditiadakan adalah mekanisme rekrutmen sel-sel folikel yang bersifat bergantung pada kadar hormon gonadotropin. Dengan kata lain, tidak ada hubungannya dengan hormon estrogen dan progesteron sintetis dalam pil KB.