Menopause Bisa di Cegah Dengan Seringnya Berhubungan Intim

info kesehatan Berbagai mitos tentang menopause berseliweran di sekitar kita. Tentu semuanya tidak mutlak salah. Tapi, sejauh mana kebenarannya?

MITOS : Wanita yang melakukan hubungan seks secara teratur dengan frekuensi cukup sering, tidak cepat menopause.

Alasan
: Hubungan seks yang teratur akan memberi rasa nyaman dan relaks pada tubuh. Orgasme akan memicu keluarnya hormon endorfin yang memberi efek nyaman pada tubuh dan pikiran, sekaligus menekan stres. Padahal, stres memicu produksi hormon kortisol yang bersifat merusak tubuh. Kondisi relaks juga akan memperlancar fungsi organ-organ tubuh, termasuk organ reproduksi, sehingga tak cepat menua atau rusak. Otomatis, kondisi itu ikut menunda datangnya menopause.

FAKTA:
Memang benar bahwa pengeluaran hormon stres dapat mempengaruhi pelepasan hormon gonadotropin sehingga dapat mengganggu proses pematangan sel telur. Gangguan itu dapat membuat wanita menderita siklus anovulasi yang dapat menyebabkan gangguan pola siklus haid. Namun, tidak benar bahwa pengeluaran endorfin saja dapat menghambat pengurangan jumlah folikel di ovarium. Karena, endorfin juga berperan dalam hal pelepasan hormon gonadotropin (FSH, LH) yang dibutuhkan untuk proses rekrutmen sel-sel folikel saat  menjalani proses seleksi untuk menjadi folikel dominan.