Sehat Dan Bugar Selama Ramadan

info kesehatan Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa. Ada banyak keutamaan yang bisa kita raih. Karena ini bulan yang istimewa, kita juga pastinya harus bisa melakukan hal yang lebih daripada yang lain. Salah satu caranya adalah dengan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Tubuh yang sehat dan bugar selama Ramadan akan sangat membantu kita untuk bisa beribadah dengan lebih baik. Fisik yang sehat akan sangat membantu kita untuk melakukan lebih banyak kebaikan kan? Hmm, tapi apa nggak susah ya menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan, kan puasa biasanya malah bikin badan lemas dan nggak berenergi.

Berikut ini ada lima tips untuk selalu sehat dan bugar selama bulan Ramadan .Informasi ini mencakup menjaga kesehatan fisik dan juga rohani. Simak tips-tipsnya di sini.
  •     Idealnya, kita perlu minum air putih 8 gelas per hari. Tapi ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Selain itu kurang konsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan garam. Dengan mengurangi konsumsi gula dan garam berlebih, Anda bisa berpuasa dengan lebih mudah dan terhindar dari bau mulut tak sedap atau mudah haus. Jika selama ini Anda sering mengonsumsi makanan instan atau camilan yang mengandung banyak gula dan garam, inilah saatnya untuk mengembalikan gaya hidup sehat. Bulan puasa memberikan momen yang tepat untuk kembali memilah-milah makanan yang lebih sehat untuk dikonsumsi.
  •     Saat sahur dan khususnya buka puasa, kita pastinya akan bersemangat untuk makan banyak. Padahal kan bulan puasa tidak semata-mata menahan haus dan lapar. Anda harus bisa membedakan antara merasa kenyang dan merasa puas. Di awal-awal hari puasa, kita mungkin akan makan makanan yang tersaji dan menghabisinya hingga puas. Tapi ini tidak baik untuk tubuh Anda Kunyahlah makanan Anda dengan perlahan. Makan perlahan memberi kesempatan makanan Anda untuk terpecah dan terkunyah dengan baik hingga akhirnya bisa tercerna dengan optimal. Makanan yang dinikmati dengan perlahan dan sepenuh hati akan memberi kepuasan untuk perut Anda sekaligus untuk ketenangan jiwa Anda. Perut yang terlalu kenyang juga akan semakin membuat Anda merasa malas untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif juga kan?
  •     Kebersihan gigi dan mulut juga pastinya harus dijaga dengan baik. Selain menggosok gigi, Anda juga perlu pengguna pembersih lidah (tongue cleaner). Membersihkan lidah akan menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Mulut ini ibaratnya portal untuk kesehatan tubuh Anda. Ketika mulut dan gigi sudah sehat, sistem pencernaan Anda juga akan terjaga kesehatannya.  Saat bulan Ramadan, jangan malas untuk mandi. Mandi akan membuat tubuh Anda segar. Saat pergi ke masjid untuk shalat tarawih misalnya, Anda pastinya tidak mau membuat orang di sekitar Anda merasa tidak nyaman dengan bau badan Anda kan?
  •     Di hari-hari pertama puasa, tubuh mungkin akan merasa kaget dan butuh penyesuaian lagi. Pusing dan lemas juga dirasakan oleh sebagian orang yang sedang berpuasa. Untuk mengatasinya dan mencegahnya, konsumsilah makanan yang butuh dicerna dengan waktu yang lebih lama. Makanan bisa menunda rasa lapar adalah makanan yang mengandung bulir utuh, biji-bijian, dan serat. Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung banyak minyak atau terlalu banyak mengandung gula dan garam. Saat sahur, makan makanan yang terlalu manis akan memicu peningkatan produksi insulin. Padahal agar gula darah tetap stabil, kita harus memastikan bahwa produksi hormon insulin tidak berlebih. Niat puasa Anda juga harus benar-benar diniatkan untuk ibadah. Dengan begitu tubuh Anda akan terkondisi dengan sendirinya untuk berpuasa dan menjaga kestabilan tubuh Anda dengan baik.
          Bulan puasa bukan berarti kita hanya bisa bermalas-malasan. Rasa lapar dan haus memang akan kita rasakan. Tapi itu bukanlah penghalang. Anda bisa coba melakukan dan menjadwalkan sejumlah kegiatan menyenangkan bersama keluarga atau sahabat-sahabat Anda. Saat Anda bisa merasa senang, produksi hormon "kebahagiaan" juga meningkat Ketika Anda merasa bahagia, produksi hormon serotonin bisa meningkat. Anda pun tidak akan gampang stres dan berpuasa akan terasa lebih ringan. 
  • Jadi, tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan ya? Jadikan bulan Ramadan ini penuh hikmah dan berkah.