Seputar Bau Badan Yang Masih Langka

info kesehatan Bau badan yang Anda atau rekan Anda alami tentu mengganggu aktivitas. Tetapi, masalah ini sebenarnya dapat terjadi pada siapa saja. Pada cuaca yang panas dan aktivitas padat seharian, sangat mungkin membuat tubuh Anda mengeluarkan bau tidak sedap.

Untuk menghindarinya, yuk, simak beberapa informasi yang belum banyak diketahui seputar bau badan, seperti dilansir Womenshealthmag.com berikut ini.

    Anda memiliki dua kelenjar keringat berbeda


    Kelenjar keringat pada tubuh manusia disebut dengan kelenjar Eccrine dan kelenjar Epocrine. Kelenjar Eccrine terdapat pada seluruh tubuh dan memproduksi keringat yang tersusun dari air untuk membuat tubuh tetap dingin. Sedangkan kelenjar Apocrine terdapat pada bagian tubuh yang berambut, keringat yang dihasilkan lebih kental dan berlemak.

    Rambut dapat meningkatkan bau

    Bukan hanya keringat dari kelenjar Apocrine yang menyebabkan bau badan. Keringat tersebut dapat memancing bakteri yang memecah lemak di dalamnya. Saat itu terjadi, aroma tidak sedap akan muncul. Semakin banyak rambut Anda, semakin besar kemungkinan bakteri muncul, permukaan yang dapat ditempeli bakteri semakin luas.

    Deodoran sangat efektif

    Deodoran adalah senjata ampuh agar bau badan tidak mengganggu. Antiprespirant di dalamnya kan mencegah keringat untuk diproduksi. Selain itu, deodorannya akan menutupi bau badan yang muncul dari tubuh Anda.

    Makanan dapat berpengaruh

    Bahan makanan seperti bawang putih, bawang merah, dan bumbu kari adalah pemicu yang dapat membuat bau badan menjadi lebih parah.

    Terlalu banyak dibersihkan dapat berdampak buruk

    Membersihkan ketiak dengan sabun dan scrub pada saat mandi sudah cukup. Tidak perlu menambahkan pembersih lain, terlebih yang mengandung alkohol. Alkohol akan menyebabkan kulit menjadi kering dan justru memicu produksi keringat lebih banyak.

    Stres memperbanyak keringat

    Saat banyak tekanan atau nervous akan presentasi, keringat akan lebih banyak diproduksi. Karena itu, sebaiknya ini mendapatkan perhatian khusus dari Anda.

So, Ladies, bau badan memang dapat dialami siapa saja, tetapi bau badan dapat dicegah. Jaga kebersihan dengan mandi dua kali sehari dan gunakan deodoran yang cocok untuk Anda agar bau tidak sedap tidak mengganggu aktivitas Anda.