Seputar Karbohidrat Fakta Dan Mitos

Info Kesehatan Mitos: Tubuh bisa langsing biarpun Anda mengonsumsi banyak kalori asalkan bukan karbohidrat.
Fakta: Mereka yang berhasil menurunkan berat badan dengan mengurangi kalori dari karbohidrat akan memasukkan kalori lebih sedikit ke dalam tubuhnya. Jadi, yang penting bukan saja mengurangi karbohidrat, tapi jumlah  kalori keseluruhan perlu dipertimbangkan.

Mitos: Mengurangi  makanan sumber karbohidrat berarti mengurangi pemasukan kalori.
Fakta: Protein juga mengandung kalori (4 kkal/gram), lebih sedikit ketimbang karbohidrat (5 kkal/gram). Bila Anda mengganti jumlah karbohidrat dengan kacang yang banyak lemaknya misalnya,  berarti  Anda makan lebih banyak kalori, karena kalori lemak 
lebih tinggi (9 kkal/gram). Jadi, Anda perlu tetap membaca tavel dan menghitung kalori keseluruhan.

Mitos: Dengan jumlah kalori yang sama, lemak lebih mengenyangkan ketimbang karbohidrat.
Fakta: Lemak merupakan sumber makanan yang paling tidak mengenyangkan. Dari penelitian diketahui bahwa sumber makanan yang paling lama mengenyangkan adalah protein. Disusul dengan bahan makanan sumber karbohidrat kompleks, seperti buah, sayur, ubi, kentang, jagung, dan beras. Lemak itu padat gizi, sehingga sedikit saja tinggi sudah tinggi kalorinya. Bila Anda makan kacang mede 100 kalori di perut hanya menempati pojok kecil lambung. Tapi 100 kalori buah apel, bisa jadi akan menempati seperempat lambung Anda.