Tetap Fit Selama Ramadan

info kesehatan Bulan Ramadan telah tiba. Penting sekali untuk menjaga tubuh Anda agar tetap fit dan sehat agar dapat beribadah dengan maksimal di bulan suci ini. Berpuasa seharian, tidak lantas membuat Anda lesu dan lemas sehingga tidak produktif.
Ada beberapa hal penting yang harus selalu Anda ingat agar tubuh tetap fit selama berpuasa, seperti dilansir islamiquemagazine.com berikut ini.

    Minum air

    Memenuhi kebutuhan cairan adalah hal yang sebenarnya sederhana, tetapi sangat penting untuk dilakukan. Meskipun berpuasa, pastikan Anda tetap minum air minimal 8 gelas sehari. Buatlah kebiasaan untuk meminum air saat berbuka, setelah berbuka, setelah tarawih, dan saat sahur agar mudah dalam memenuhi kebutuhan cairan. Tidak harus melulu air putih, teh, jus buah segar juga baik untuk dikonsumsi.

    Kekurangan air akan membuat badan anda lesu, sakit kepala, dan tidak dapat fokus pada pekerjaan Anda. So, LAdies, jangan lupa untuk tetap minum air ya...

    Batasi garam dan gula

    Cobalah untuk mengurangi garam dan gula pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Kue, keripik, soda,minuman dalam kemasan, dan makanan kaleng sebaiknya mulai Anda kurangi konsumsinya karena mengandung garam atau gula yang cukup tinggi. Konsumsi garam dan gula yang terlalu banyak akan membuat otak tidak optimal, retensi air dalam tubuh, mudah haus, dan bau mulut.

    Makan perlahan

    Kunyah makanan perlahan dan jangan terburu-buru saat makan. Untuk membiasakannya, ukur waktu Anda saat makan, dan buatlah anda makan lebih lama pada saat berikutnya. Mengunyah makanan dengan baik akan dapat membantu mengontrol nafsu makan. Enzim pencernaan juga memiliki waktu lebih lama untuk melakukan pekerjaannya memecah makanan.

    Makan terburu-buru membuat Anda tidak cepat kenyang sehingga harus makan dalam jumlah besar. Selain itu, Anda juga beresiko terkena gangguan pencernaan dan perut ber-gas.

Sangat penting untuk tetap memiliki pola makan yang sehat selama berpuasa agar badan tetap fit dan aktivitas tetap berjalan lancar. Selamat berpuasa, Ladies!