Tips Berkendara Jauh saat Berpuasa

info kesehatan Puasa dilakukan dalam waktu yang panjang sehingga tubuh akan mengalami banyak perubahan, misalnya gula darah yang menurun dan dehidrasi. Hal ini akan menyebabkan kita merasa kelelahan dan emosi seringkali tidak stabil. Keluhan yang sering muncul dalam situasi ini, misalnya sakit kepala, kehilangan konsentrasi dan lemas.

Sebagian dari kita tetap dituntut untuk melakukan aktivitas yang memerlukan stamina yang kuat, misalnya mengadakan perjalanan jauh, sekalipun menjalani ibadah puasa. Anda pun tetap bisa berkendara jauh meski sedang berpuasa, Ladies. Dilansir oleh khaleejtimes.com, simak tipsnya berikut ini:
  • Usahakan untuk mendapat tidur yang berkualitas dan makan di waktu yang tepat.
  • Hindari memaksakan diri untuk tetap menyetir saat tubuh merasa lemah. Ambil waktu Anda untuk tidur sejenak sebelum melakukan perjalanan.
  • Jika Anda merasa sangat lelah dan mengantuk, lebih baik Anda memilih transportasi umum. Jangan korbankan keselamatan Anda dan keluarga dengan memaksakan diri.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Karbohidrat akan 'memaksa' tubuh untuk bekerja keras saat memprosesnya sehingga tubuh akan mudah merasa lelah dan mengantuk.
  • Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka dan hindari mengkonsumsi makanan manis dalam jumlah besar karena akan membuat Anda semakin mudah merasa haus.
  • Perhatikan sekeliling Anda karena ada banyak pengendara lain yang cenderung dalam kondisi sama dengan Anda (kelelahan dan emosi tidak stabil).

Semoga tips ini dapat membantu Anda melakukan perjalanan jauh selagi menunaikan ibadah puasa ya, Ladies. Apakah Anda punya tips dan pengalaman serupa? Yuk bagikan dalam kolom komentar berikut ini.