Tidak Gampang Haus Dalam Puasa

info kesehatan Ladies, air adalah cairan paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh ketika Anda menjalankan puasa di bulan Ramadan ini. Tapi pada faktanya kebanyakan orang hanya mengkonsumsi sedikit air setelah berbuka puasa dan lupa untuk minum cukup air hingga puasa hari berikutnya tiba, seperti dilansir dari nestle-family.com.

Mengapa tubuh membutuhkan air?

60 hingga 70 persen massa tubuh terdiri dari air, jika asupan air kurang, keadaan ini dapat mempengaruhi aktivitas sel-sel tubuh serta menyebabkan fungsi saraf bekerja kurang optimal. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memberikan kompensasi berkurangnya asupan air selama berpuasa. Kekurangan asupan air atau yang lebih sering dikenal sebagai dehidrasi bisa menyebabkan efek yang tidak diinginkan seperti sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan, dan kulit kering.

Mengapa air adalah minuman terbaik selama Ramadan?

Air mineral merupakan cairan yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi selama Ramadan, dibandingkan dengan cairan lainnya. Hal ini disebabkan cairan lainnya bisa saja mengandung banyak gula yang membuat Anda mengkonsumsi lebih banyak kalori. Minum terlalu banyak cairan selain air mineral bisa membuat perut terasa penuh dan juga menyebabkan penundaan proses pencernaan.

Bagaimana mencegah rasa haus selama berpuasa?

Ladies, ternyata makanan yang Anda konsumsi memainkan peran utama dalam mengendalikan rasa haus ketika sedang berpuasa.  Berikut petunjuknya:
  1. Hindari makanan yang menyebabkan panas dalam maupun makanan dengan rasa pedas.
  2. Hindari menambahkan banyak garam pada makanan Anda. Menghindari makanan asin dan acar sangat disarankan, karena jenis makanan ini akan meningkatkan kebutuhan air dalam tubuh.
  3. Makan buah-buahan dan sayuran segar sangat dianjurkan karena mengandung serat dan air. Selain itu buah dan sayuran memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna, sehingga Anda bisa menghindari rasa haus sekaligus lapar Ladies.
  4. Minum jus buah segar dan hindari menambahkan gula.
  5. Minum setidaknya delapan gelas setelah berbuka hingga menjelang puasa di hari berikutnya. Jika Anda tetap ingin berolahraga, sebaiknya hindari paparan sinar matahari yang panas, Anda disarankan untuk melakukan olahraga di pagi hari sebelum matahari terik atau berolahraga di dalam ruangan.
  6. Yang perlu Anda tahu Ladies, minum air es ketika berbuka puasa bukanlah hal yang manjur untuk mengusir dahaga lho, justru minum air es ketika berbuka puasa menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan bisa menjadi penyebab gangguan pencernaan yang tidak Anda inginkan.

Semoga bermanfaat Ladies dan selamat menjalankan ibadah puasa Anda.