Tips Tidur Nyenyak Saat Stress

Info kesehatan Boro-boro bisa tidur, memejamkan mata dengan tenang saja rasanya susah sekali. Ladies, pernahkah Anda mengalami gangguan sulit tidur karena pikiran Anda sedang tertekan dan mengalami stres berat? Well, sebenarnya Anda tidak sendiri karena banyak orang yang mengalami hal yang sama seperti Anda.

Agar bisa tidur nyenyak meski sedang stres berat, Anda bisa mengikuti empat tips dan trik berikut ini.

    Lakukan Relaksasi Sebelum Tidur


    Jika Anda berencana akan tidur pukul 10 malam, usahakan untuk melakukan beberapa kegiatan relaksasi 1-2 jam sebelumnya. Anda bisa meredupkan pencahayaan kamar tidur Anda atau membaca buku. Mandi berendam dengan air hangat juga bisa jadi alternatif yang tepat. Hindari kegiatan yang malah bisa membuat Anda semakin stres.

    Hindari Kafein dan Atur Menu Makan Malam Anda

    Kafein bisa bertahan di dalam tubuh Anda selama 8-14 jam setelah Anda mengonsumsinya. Hindari konsumsi kafein di siang hari agar Anda bisa tidur nyenyak di malam hari. Untuk menu makan malam, cobalah untuk memilih menu dengan kombinasi protein berkualitas tinggi dan karbohidrat kompleks.

    Gunakan Kalimat Afirmasi


    "Saya memilih untuk merilekskan tubuh saya dan beristirahat sekarang." Anda bisa menggunakan kalimat tersebut untuk membuat Anda lebih mudah tidur di malam hari. Pikiran yang dipenuhi dengan rasa takut dan tertekan hanya akan membuat tubuh Anda tegang. Tubuh yang tegang itu akan semakin sulit untuk dibawa tidur.

    Bermain dengan Suara dan Cahaya Alam


    Ketika malam sudah tiba, redupkan lampu dan cahaya di dalam rumah Anda. Jika Anda merasa lebih nyaman tidur dengan latar suara yang menenangkan seperti suara alam, Anda bisa coba untuk mendengar suara air yang mengalir lembut. Intinya adalah cari cara yang paling tepat untuk membantu Anda bisa lebih cepat tidur.

Tidur nyenyak di malam hari sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu menemukan keseimbangan dalam tubuh Anda.