Tubuh Kita Membutuhkan Lemak

Info Kesehatan Demi alasan diet, banyak orang yang mengurangi, bahkan menolak makanan berlemak. Memang asupan lemak dalam tubuh harus dikontrol. Menurut Riset Dinas Kesehatan 2010, konsumsi lemak atau minyak yang dibutuhkan tubuh adalah 47,2 gram per hari.

Pastikan juga Anda mengonsumsi lemak baik, misalnya asam lemak omega 3 dan omega 6. Sebab, lemak baik dibutuhkan tubuh untuk:

- sumber energi
- mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang normal
- mengirimkan vitamin A, D, E, dan K ke seluruh tubuh
- menopang kinerja sel penghantar sinyal
- menahan goncangan untuk melindungi organ tubuh
- pelumas untuk mengeluarkan sisa makanan

Selain itu, asam lemak omega 3 memiliki fungsi khusus yaitu merupakan komponen utama penyusun otak. Eicosapentanoic Acid (EPA) dan Deicosahaexaconoic Acid (DHA) merupakan jenis asam lemak omega 3 yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Beberapa sumber asam lemak omega 3 dan omega 6 yang juga disebut asam lemak esensial antara lain: kacang kedelai, kerang, alpukat, ikan laut (tuna, sarden, salmon).