Buah Kiwi Sumber Nutrisi Yang Baik


Info Kesehatan Buah kiwi merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik yang bisa menjadi bagian dalam pola makan  sehat. Penelitian yang dilakukan secara intensif di laboratorium Zespri di New Zealand, menemukan banyak keunggulan buah ini dibandingkan buah lain. Di antaranya:

Gudang vitamin C
Kiwi mengandung dua kali lipat vitamin C dibanding jeruk orange, dan hampir 4 kali lipat  dari mangga. Seperti Anda tahu, vitamin C dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, terutama dalam melindungi tubuh dari penyakit umum seperti flu atau pilek. Selain itu, vitamin C juga membantu memperbaiki dan menyempurnakan pertumbuhan sel-sel sehingga memaksimalkan kondisi tubuh Anda.

Kaya vitamin E
Vitamin E dalam kiwi hijau agak lebih banyak dari mangga, sedangkan yang terdapat dalam gold kiwi dua kali lipat. Vitamin ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah penggumpalan darah.

Sumber potasium
Semakin bertambah usia, Anda semakin butuh potasium untuk membantu regenerasi otot dan saraf. Potasium juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, bersifat antioksidan, dan membantu menetralkan radikal bebas.

Sarat serat
Anda memerlukan serat untuk membantu melancarkan pencernaan Anda.

Mengandung magnesium
Magnesium dan kalsium membuat tulang dan gigi lebih kuat.

Rendah kalori, tinggi energi
Baik untuk Anda yang ingin menjaga berat badan, karena nilai nutrisi tinggi tanpa Anda khawatir jumlah kalorinya.

Banyak jenis buah kiwi yang ada di alam, tapi yang umum dikonsumsi sehari-hari hanya  dua yaitu:
Green kiwi (kiwi hijau, atau kiwifruit, atau biasa disingkat ‘kiwi’) dan Gold kiwi. Keduanya berbentuk oval, seperti telur ayam besar, memiliki kulit agak kasar berwarna cokelat kehijauan. Gold kiwi memiliki bagian kecil yang menonjol
seperti mahkota pada salah satu ujungnya.

Daging kiwi hijau berwarna hijau segar dengan biji-biji hitam yang bisa dimakan, sedangkan daging gold kiwi berwarna kuning terang keemasan. Tekstur daging keduanya lembut dan sangat juicy. Selain dimakan langsung, keduanya cocok untuk dibuat jus yang menyegarkan. Rasa kiwi hijau adalah manis bercampur asam, sangat menyegarkan. Sedangkan rasa gold kiwi lebih ‘tropikal’, yaitu manis segar, hampir tidak terasa asamnya. Banyak orang mengatakan rasa gold kiwi lebih ‘akrab’ dengan lidah mereka karena manisnya mirip dengan buah-buah tropis lainnya.
   
Saat ini, Anda lebih mudah mendapatkan kiwi hijau daripada gold kiwi di supermarket, karena pasokan gold kiwi masih belum sebanyak kiwi hijau. Penanaman gold kiwi butuh proses dan waktu lebih lama. Hal ini juga yang menyebabkan harga gold kiwi jadi lebih mahal.

Memilih kiwi
- Lihat permukaan buah, pilih yang warnanya cokelat bersih merata.
- Tekan permukaan buah dengan lembut, pilih yang masih keras.
- Kiwi yang memenuhi kriteria di atas bisa bertahan hingga 5 hari. Jika ada bagian yang sudah lembek, kiwi sebaiknya langsung dimakan, atau paling lambat
dikonsumsi 2 hari berikutnya.
- Simpan dalam kulkas atau di tempat yang tidak panas dan terhindar  dari sinar matahari langsung.

Cara makan praktis
- Dengan pisau: kupas kulitnya, lalu potong buahnya melebar atau berbentuk dadu (seperti makan mangga)
– Dengan sendok: bagi buah menjadi dua di bagian tengah (bisa dengan sendok makan, tanpa pisau). Gunakan sendok tersebut untuk menciduk ‘daging’ buah dan
Anda menikmatinya seperti makan es