4 Penyebab Utama Sakit Punggung Saat Bangun Tidur

info kesehatan Banyak orang yang seringkali mengalami sakit punggung secara tiba-tiba saat bangun tidur. Bukannya merasa segar, namun malah nyeri yang amat sangat saat akan menggerakkan tubuh. Jika Ladies mengalaminya, maka sepertinya Anda perlu tahu apa saja penyebabnya.

Seperti dikutip dari www.newhealthguide.org,ada empat penyebab sakit punggung saat Anda bangun tidur, antara lain adalah

1. Kasur
Coba perhatikan kasur Anda, karena keras tidaknya kasur Anda sangat mempengaruhi kesehatan tulang belakang. Jika terlalu empuk pun juga tidak baik. Pastikan bahwa kasur memiliki standar yang cukup, tidak terlalu keras namun juga tidak sebaliknya.

Jika Anda memiliki pinggang lebih sempit dari pinggul, maka sebaiknya cari kasur yang empuk, jika pinggul dan pinggang memiliki besar yang sama, maka kasur yang tidak terlalu empuk tidak akan masalah. Namun bukan berarti juga Anda tidak boleh memilih kasur yang empuk, karena tubuh Anda cukup cocok untuk jenis kasur apa pun.

2. Bantal
Bantal harus mendukung postur leher Anda. Bantal busa mungkin lebih baik untuk menopang kepala dan leher lebih baik karena bisa menyesuaikan dengan postur leher Anda. Jangan pilih yang terlalu empuk maupun yang terlampau padat karena akibatnya akan sakit.

3. Postur tubuh
Postur tubuh yang baik adalah syarat yang baik untuk menghindari sakit punggung. Carilah posisi terbaik untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Pijat dulu tubuh Anda, terutama bagian yang sering sakit untuk menghindari sakit punggung.

4. Penyebab lainnya
Kegiatan Anda di siang hari bisa saja jadi penyebabnya, misalnya Anda banyak beraktivitas berat dan mengangkat banyak barang, membuat tubuh terutama punggung menjadi tumpuan dan otot banyak yang menegang. Hal ini sangat mungkin membuat tubuh Anda sakit.

Jika masih sakit juga, Anda bisa menggunakan krim atau salep anti nyeri dan coba periksakan ke dokter, bisa saja ada masalah ortopedi lain, Ladies.