6 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Mata

info kesehatan Jika Anda menyayangi kesehatan mata Anda, maka ada banyak cara untuk bisa menjaganya tetap sehat. Namun tidak jarang beberapa kebiasaan seringkali mengganggu dan malah membuat mata Anda kehilangan kemampuan penglihatan secara perlahan.

Berdasarkan kutipan dari www.allaboutvision.com, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat melemahkan kemampuan penglihatan Anda atau menjadikan mata Anda cepat menua, beberapa di antaranya adalah berikut ini

1. Menggosok atau mengucek mata
Kulit di sekitar mata Anda adalah yang pertama kali menunjukkan penuaan, karena selain halus juga tidak memiliki banyak lemak. Jika Anda sering mengucek atau menggosok terlalu keras saat mata gatal atau terkena debu, maka pembuluh darah kecil pada bagian bawah mata akan pecah dan hal ini mampu menimbulkan lingkaran gelap di bawah mata atau bengkak. Lebih parah dari itu, bisa juga melemahkan kemampuan kelopak mata untuk berkedip.

2. Melupakan kacamata
Jika Anda sedang berkegiatan di luar ruang dan terpapar sinar matahari yang terik, selain sunblock, jangan lupa jika Anda juga membutuhkan kacamata hitam. Sinar UV adalah radikal bebas yang tidak hanya dapat merusak kulit namun juga mata Anda.

Jika terus-menerus dilakukan, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami photokeratitis, katarak, degenerasi makula, pinguecula dan pterygium bahkan bisa juga kanker kelopak mata. Kacamata juga penting untuk Anda yang mengalami gangguan mata, dan jika Anda berulang kali tidak mengenakan kacamata, jangan salahkan jika penyakit akan bertambah parah.

3. Merokok
Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Bahkan mungkin bisa dibilang bahwa 95% dari rokok tidak memiliki kandungan manfaat untuk kesehatan. Untuk perokok aktif yang menghabiskan lebih dari 4 batang rokok per hari bisa mengembangkan risiko katarak, degenerasi makula, uveitis, mata kering, diabetes retinopati dan kebutaan.

4. Kurangnya asupan nutrisi
Makanan cepat saji dan minuman bersoda bukanlah makanan yang bisa menyelamatkan kesehatan Anda. Jika ingin sehat, maka buah dan sayur adalah pilihan yang tepat. Banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan mata Anda yang hanya bisa didapat dari buah dan sayur. Jadi, perbanyak porsi asupan gizi penting ini, Ladies.

5. Kurang tidur
Salah satu kebiasaan yang mungkin dilakukan oleh seluruh orang dewasa adalah begadang. Hal ini bukan hanya buruk untuk kesehatan tubuh dan otak, namun juga berpengaruh besar terhadap kesehatan mata Anda. Jika mata lelah secara terus-menerus, tidak hanya akan menjadikan mata merah, pedih, dan kering, namun juga menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata dan pandangan kabur.

6. Kurang minum
Kurangnya asupan minum delapan gelas air per hari dapat menyebabkan tubuh Anda dehidrasi dan pada akhirnya tidak menghasilkan cukup air mata untuk menjaga mata Anda tetap lembab dan mendapatkan gizi seimbang. Gejala-mata terkait dehidrasi meliputi mata kering, kemerahan dan bengkak pada kelopak mata.

Jadi, jangan abaikan kebiasaan Anda yang tidak baik Ladies, bisa jadi itu adalah jalan utama menuju gerbang penyakit dan gangguan mata. Segera periksakan ke dokter jika Anda mulai mengalami keluhan-keluhan pada mata ya.

0 Response to "6 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Mata"

Posting Komentar