Bahaya Makan Sedikit Karbohidrat Saat Diet

info kesehatan Banyak wanita yang ingin berat badannya turun, tubuh langsing dan bisa pakai dress model apapun. Maka cara yang paling sering dilakukan adalah menghindari makanan yang mengandung karbohidrat, mulai dari nasi, gorengan, segala mie, pasta, kentang dan berbagai makanan dengan tingkat karbohidrat yang cukup tinggi.

Padahal, tubuh membutuhkan karbohidrat, tentunya dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan. Agar Anda tidak kebablasan salah diet, inilah beberapa masalah yang bisa muncul jika Anda kekurangan karbohidrat, dilansir oleh Huffingtonpost.com.

    Napas Bau


    Diet rendah karbohidrat bertujuan untuk membakar lemak tubuh menjadi energi, karena karbohidrat yang seharusnya menjadi energi tidak Anda konsumsi dan tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Meski sering berhasil, para ahli tidak setuju jika diet ini dilakukan dalam jangka waktu panjang. Akan terjadi efek yang disebut ketosis, yaitu pembakaran lemak yang akan menghasilkan zat keton. Sayangnya, zat keton ini menghasilkan bau tak sedap. Bahkan menyikat gigi dan berkumur tidak akan menghilangkan baunya.

    Sering Pusing Dan Pandangan Berputar

    Sama seperti tubuh Anda, otak membutuhkan karbohidrat yang dipecah menjadi glukosa dan energi. Saat otak tidak mendapat asupan energi yang dibutuhkan, hal itu akan membuat otak tidak bekerja secara maksimal. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menunjukkan bahwa wanita yang melakukan diet rendah karbohidrat dalam waktu yang lama cenderung mudah pusing, pandangan berputar dan sulit berpikir.

    Mudah Marah Dan Bad Mood Lebih Sering

    Orang yang diet rendah karbohidrat sering melaporkan kalau mereka sulit mengontrol emosi. Mereka jadi mudah marah, stres dan mudah merasa lelah. Dari penelitian, hal ini dimungkinkan karena kurangnya karbohidrat yang berfungsi untuk menghasilkan hormon bahagia. Orang yang hanya makan sedikit karbohidrat terbukti sering berada dalam suasana hati yang buruk, dibandingkan dengan orang-orang yang makan secara normal.

    Sering Mengalami Sembelit


    Sering sulit buang air besar saat diet rendah karbohidrat? Itu adalah salah satu efek buruknya. "Terjadi perubahan metabolik pada saluran pencernaan Anda," ujar Dr Stephen Sondike. Perubahan ini akan membuat sistem pencernaan tidak bekerja seperti seharusnya dan kehilangan bahan makanan yang diolah. Akibatnya, seseorang lebih mungkin mengalami sembelit.

Karena itu, ladies, berhati-hatilah saat memilih diet yang cocok untuk tubuh Anda. Selalu tanyakan pada dokter sebelum Anda mengubah pola makan. Tidak semua diet yang berhasil pada orang lain cocok untuk Anda.