Bugar & Bahagia

Bugar dan Bahagia
info kesehatan Coret dan lengkapi agenda ini sesuai dengan pengalaman Anda. Sehingga jadwal ini lebih sempurna digunakan di bulan-bulan selanjutnya.

Oleh Asteria Elanda
  1.  Awal Terbaik. Kurang tidur memicu rasa lelah, sulit konsentrasi, dan menurunnya daya tahan tubuh. Jadwalkan tidur selama 8 jam. Tidur cukup adalah awal langkah sehat.
  2. Isi Energi. Gerakkan tubuh! Isilah energi seharian dengan bergerak sejenak saat bangun tidur. Anda bisa memilih olahraga apa pun, termasuk meditasi, atau  rutin melatih pernapasan di dalam kamar.
  3. Tirai Terbuka. Istirahatkan alarm. Tidurlah dengan tirai terbuka. Tunggu alam membangunkan Anda dengan sinar matahari lewat tirai tersebut.
  4.  Sensasi Mandi. Pakar skincare, Liz Earle (ul.lizearle.com), menyarankan mandi menggunakan sikat tubuh dengan gagang yang panjang. Selain membersihkan kulit, gerakan ini bermanfaat untuk sirkulasi tubuh. Nikmati sensasinya.
  5.  Nikmati Matahari Pagi. Dapatkan vitamin D hampir setiap hari agar tulang sehat dan imunitas tubuh lebih tinggi. Ubah kebiasaan sarapan dari meja makan ke teras.
  6. Sarapan Favorit. Rencanakan menu sarapan Anda selama seminggu. Di akhir pekan, masukkan semua bahannya dalam daftar belanja. Usahakan memasukkan buah dan sayuran ke dalam menu.
  7. Bekal Sehat. Jika Anda bekerja, bawa bekal makan siang atau snack dari rumah. Bisa berupa edamame rebus, salad, yoghurt atau potongan buah.
  8. Komitmen Bugar. Ada yang ingin Anda ubah agar lebih sehat? Tuliskan. Misal: “Minum teh tanpa gula.” Cara ini akan memotivasi Anda. Cukup satu komitmen saja. Setelah tercapai teruskan komitmen berikutnya.
  9. Pilih Foto Favorit. Cara ini unik. Pilih foto-foto favorit Anda lalu jadikan itu foto yang berputar bergantian di screen saver komputer Anda, atau di tempat yang mudah dilihat. Dari GH UK 2013, psikolog Dr Peter Naish meneliti: makanan dan minuman bisa menaikkan mood 1%, foto-foto ini bisa menciptakan rasa senang hingga 11%.
  10. Senyum Manis. Wajah berperan penting dalam mengatur keseluruhan mood Anda. Pastikan Anda memulai hari dengan tersenyum hari ini.
  11.  Bergerak! Pastikan Anda aktif setiap hari. Ganti program olahraga Anda secara berkala. Anda juga bisa aktif di kegiatan sekolah anak, atau mengubah interior rumah.
  12.  Jatuh Cinta pada Jus. Biasakan minum segelas jus segar setiap hari. Bereksperimenlah. Biasakan meminumnya langsung untuk menghindari bakteri yang berkembang.
  13.  Tantangan Gula. Membatasi masukkan gula ke dalam tubuh menjadi bagian penting agenda sehat Anda. Dr Phaidon L. Toruan dan G Lukman dalam buku Performance Nutrition mengatakan “Jika tubuh dipaksa terus menerus menerima gula dalam konsentrasi tinggi, fungsi insulin bisa berkurang karena kelenjar pankreas mengalami kelelahan akibat memproduksi insulin dalam jumlah besar. Akibatnya risiko kegemukan dan diabetes meningkat.”
  14. Perangi (rasa) Lapar. Anga ‘ingin’ makan? Atau benar-benar lapar? Biasakan tunggu 20 menit ketika Anda merasa lapar, lalu tanyakan kembali apakah Anda butuh makan? Sebenarnya, jika jarak makan Anda dengan jadwal makan sebelumnya tak lebih dari 3 jam, itu bukan rasa lapar yang sesungguhnya. (GH UK 2012).
  15.  Coffee or Tea? Minuman kesukaan bisa menjadi penyemangat. Nikmati kopi favorit satu hingga dua kali sehari. Jika memilih teh, Anda bisa menikmatinya hingga tiga kali sehari. TIP: coba campuran teh lavender, rosemary, dan dry longan.
  16. Hitung Vitamin C! Tak boleh ada hari yang terlewatkan tanpa vitamin C. Hitung vitamin C Anda hari ini. Nikmati 2 butir jeruk, atau 2 kiwi, atau jus 2 macam buah.
  17.  Protein Lover. Perhatikan makanan Anda. Cek, apakah Anda telah mendapatkan cukup protein? Ikan, ayam, daging, kacang-kacangan, tempe dan tahu. Protein berperan untuk meningkatkan serotonin dalam tubuh.
  18. Minum Sebelum Makan. Ini cara klasik tetapi bisa Anda andalkan. Jika ingin lebih berhasil, minum 500 ml air putih 30 menit sebelum makan siang atau makan malam. Dipastikan Anda akan menyantap makanan lebih sedikit dari biasanya.
  19. Gigi. Tak usah menunggu ada keluhan. Jadwalkan kedatangan Anda ke dokter gigi setiap 4 bulan sampai 6 bulan sekali.
  20. Carrot, Please! Minum jus wortel di pagi hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, agar pigmen kulit secara alami mampu menahan sinar matahari. Wortel  kaya betakaroten (provitamin A). Juliana Yu, MD.H Pakar Kecantikan dan Pendiri House of Herbal Skinovation.
  21. Take a Break Media Social. Dalam sehari jadwalkan waktu yang tetap untuk istirahatkan tangan, mata, hati, pikiran Anda dari dunia maya.
  22. Sayang Tubuh. Menghindari makanan ‘musuh tubuh’ bisa membuat berat badan selalu ideal. Astri Nurdin; “Saya menghindari makanan digoreng, berpengawet, semua yang manis, olahan kambing dan kepiting. Berat saya hanya berkisar 45-47 kg untuk tubuh 163 cm.”
  23. Cinta Air Putih. Air putih 8 gelas sehari bukan sekedar jargon, tetapi keharusan. Untuk menambahkan manfaatnya, tambahkan perasaan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Air ini berkhasiat melawan lemak dan meningkatkan imunitas.
  24. Trik Puasa. Sesekali puasa baik untuk kesehatan. Puasa sehari penuh sangat berguna untuk tubuh. Jika tak sanggup ‘bermain-mainlah’ dengan jadwal ini. Anda bisa mengaturnya. Puasa gula, puasa karbohidrat, puasa junk food dan sebagainya.
  25. Musik 30 Menit. Dengarkan musik setidaknya 30 menit sehari. Nikmati rasa rileks. Musik lebih efektif menurunkan stres daripada keheningan (GH UK 2013). Tak ada aturan musik apapun. Pilih saja musik favorit Anda.
  26. Green! Tingkatkan konsentrasi dan produktivitas, dengan membawa tanaman ke dalam ruangan. Cara ini pun mampu menghalau stress.
  27. I Love Lunch. Nikmati makan siang Anda. Tunda aktivitas dan matikan ponsel. Inilah jeda sehat dari aktivitas seharian.
  28. Bersih-Bersih. Pastikan lingkungan Anda selalu bersih. Baik rumah (seluruh bagian rumah), mau pun meja kerja Anda (jika bekerja). Tak hanya membersihkan debu secara rutin, seleksi juga barang yang harus dibuang.
  29. Versi Sayuran. Jadikan sayuran sebagai sahabat tubuh. Happy Salma: “Saya makan sayur setiap hari dengan cara masak berbeda-beda. Bisa ditumis setengah matang, dibuat salad, atau dijadikan lalap disantap dengan sambal. Perut selalu nyaman.”
  30. Basmi Sumber Bakteri. Anda takut pada bakteri, padahal justru di tas tangan Anda yang terbuat dari kulit, bakteri itu bisa berkembang-biak. Solusinya, lap secara teratur dengan cairan anti bakteri, khusus untuk tas kulit.
  31. Cek Berat Badan. Berat badan bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Sebaiknya, cek secara rutin seperti model dan presenter Susan Bachtiar. “Saya menimbang badan di malam hari. Kalau angkanya naik, berarti  saya harus mengurangi karbohidrat selama beberapa hari agar berat kembali normal,” kata Susan.