Tips Sehat Mengatasi Mimisan

Tips Sehat Mengatasi Mimisan
info Kesehatan Salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi namun perlu penanganan yang tepat adalah mimisan, Ladies. Kejadian keluarnya darah dari hidung ini memang seringkali bisa menjadikan penderita dan orang di sekitarnya panik, oleh karena itu diperlukan beberapa tips untuk bisa menanganinya dengan benar.

Mimisan sendiri merupakan pendarahan yang terjadi ketika pembuluh darah kecil di dalam hidung pecah, entah karena pukulan yang keras, bersin atau hal lainnya.  ada beberapa tips mengatasi mimisan dan  untuk menenangkan penderita mimisan saat darah keluar dari hidung agar mimisan cepat berhenti dan tidak bertambah parah, antara lain adalah

1. Minta orang yang mimisan untuk duduk
Jika penderita dalam keadaan berdiri, sarankan mereka untuk duduk, dan tidak perlu panik. Anda mungkin membutuhkan tisu untuk menghapus darah yang keluar, karena saat melihat darah, penderita dan orang di sekitarnya sangat mungkin untuk merasa panik.

2. Sarankan penderita untuk menundukkan kepala ke depan untuk mengeluarkan semua darah dari hidung
Semua orang berkata jika menunduk akan memperparah keadaan mimisan. Hal ini tidak bisa dibilang salah, namun ada baiknya jika mengeluarkan darah yang tersisa dari dalam hidung sebelum menahan hidung untuk tidak bernafas.

3. Minta penderita untuk bernapas dari mulut dan menekan hidung mereka perlahan untuk menghentikan pendarahan
Setelah sisa darah keluar, baru minta penderita untuk menutup hidung mereka dan tidak bernafas dulu dari hidung, melainkan dari mulut.

4. Jangan biarkan mereka berbicara, menelan, batuk, meludah dan mengendus atau menarik nafas sehingga berbunyi

Hal ini juga sangat penting ditekankan bahwa mereka tidak boleh melakukan beberapa hal, seperti yang sudah disebutkan tadi, Ladies.

5. Setelah 10 menit, beritahu penderita untuk melepas tekanan pada hidung mereka
Biasanya, mimisan akan berhenti dan darah akan membeku jika dibiarkan selama paling tidak 10 menit dengan cara ditahan seperti itu. Jika tidak berhenti, maka ulangi lagi untuk menekan hidung selama 10 menit hingga darah berhenti.

Jika pendarahan sudah berhenti, sarankan penderita untuk duduk terlebih dahulu selama beberapa jam untuk memastikan bahwa darah sudah benar-benar berhenti. Jika mimisan bertambah parah, jangan ragu untuk segera menghubungi rumah sakit.

Itu dia Ladies, cara untuk menghentikan sekaligus menenangkan orang yang sedang mimisan. jika Anda mengalaminya sendiri, maka hal ini mungkin akan sangat berguna, bukan begitu?
info kesehatan