Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

info kesehatan Sebagai wanita, Anda pasti juga tahu bahwa serangan jantung sebenarnya terjadi tidak terbatas hanya pada penderita penyakit jantung saja, namun bisa juga terhadap orang yang sehat dan tidak memiliki penyakit jantung serius, meskipun memang orang dengan penyakit jantung memiliki potensi lebih besar mengalami serangan jantung.

Kebanyakan orang mengenali serangan jantung dengan beberapa reaksi seperti meremas dada karena nyeri atau sakit tak tertahankan, sesak nafas dan mual. Namun gejala ini, seperti dikutip dari www.webmd.com ternyata lebih sering dialami oleh para pria,dan gejala yang dialami wanita bisa sangat berbeda sehingga hal ini penting untuk diketahui.

Gejala yang dialami wanita saat serangan jantung bisa berupa sakit pada payudara dan lengan sebelah kiri yang kemudian berpindah ke punggung dan bahu. Karena perbedaan inilah terkadang dokter umum bisa saja salah mendiagnosa, mengira adanya penyakit lain dan tidak mengategorikan gejala ini sebagai serangan jantung.

Ahli jantung mengatakan bahwa wanita dengan gejala atipikal ini tidak sadar bahwa sedang serangan jantung karena efeknya tidak langsung parah dan gejala bisa kurang keras dan khas. Jika dibiarkan terlalu lama, gejala lain yang mengikuti bisa berupa mual, muntah, berkeringat deras, dan nyeri di dada. Beberapa penelitian mencatat bahwa gejala umum serangan jantung pada wanita bisa berupa sesak nafas, lemah, lesu dan merasa kelelahan yang tidak biasa.

Gejala atipikal lain bisa nyeri di bawah dada, merasa tertekan di bagian ulu hati, gangguan pencernaan dan nyeri di punggung bagian atas. Hal ini sangat penting diperhatikan bukan hanya oleh dokter namun juga para wanita karena mereka sendiri tidak tahu bahwa gejala tersebut bisa sangat berbahaya jika tidak dikenali lebih dini karena jika dibiarkan terlalu lama dan menganggap nyeri dan sakit tersebut hanya hal biasa, bisa jadi akan banyak kerusakan jantung yang akan berujung pada gagal jantung.

Jadi, kenali lebih lanjut tentang serangan jantung pada wanita, pergi ke rumah sakit dan katakan pada dokter sesegera mungkin jika terjadi gejala beruntun seperti itu, Ladies.