Kesehatan : Gejala Penyakit Mata

Kesehatan : Gejala Penyakit Mata
Kesehatan - Seringkali orang mengabaikan kesehatan mata. Namun indra penglihatan ini sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan Anda, dan menjaga kesehatannya sudah jadi bagian dari kewajiban.

Jika tidak dijaga dengan baik, tidak menutup kemungkinan jika mata mengalami masalah serius. Biasanya, suatu penyakit mata akan dimulai dari beberapa gejala yang bisa diamati dan dirasakan. Seperti halnya kutipan dari www.everydayhealth.com yang memberikan beberapa gejala umum suatu penyakit mata, antara lain adalah

1. Nyeri pada mata
Kebanyakan penyakit mata memang menimbulkan rasa sakit, namun beberapa kondisi mata, apalagi cedera, bisa menimbulkan sakit mata yang parah. Nyeri mata dapat menjadi gejala adanya glaukoma, mata kering, cedera mata, kornea tergores, atau bahkan kanker mata.

2. Terdapat bayangan garis atau cacing abu-abu pada pandangan
Gejala seperti melihat garis tidak simetris atau seperti cacing, berwarna putih keabu-abuan serta mata yang menjadi sensitif terhadap sinar matahari atau cahaya yang terang adalah ciri umum dari adanya gangguan mata floater, yaitu keadaan mata menua yang ditandai dengan adanya remah di dalam badan bening sehingga mengganggu penglihatan.

3. Mata merah
Hati-hati jika mata Anda merah, apalagi merasa agak gatal. Jika satu atau kedua mata merah, segera periksakan ke dokter, karena mungkin saja konjungtivitis. Penyakit mata ini bisa menular dengan cepat, sehingga sangat perlu diobati sesegera mungkin. Jangan sampai menunggu ada nanah keluar dari mata, Ladies.

4. Penglihatan kabur
Penglihatan kabur bisa merupakan gejala penyakit mata yang bermacam-macam. Bisa saja Anda merasa penglihatan kabur pada satu sisi mata saja, atau hilang dan datang lagi. Ini bisa berupa tanda glaukoma, uveitis, retina robek, atau AMD atau degenerasi makula. Kehilangan penglihatan pada salah satu mata mungkin merupakan gejala awal stroke atau arteri karotis.

Jadi, jika Anda merasa ada yang ‘aneh’ dengan penglihatan Anda, terutama mengalami gejala di atas, maka segera datang dan periksa ke dokter ya Ladies.