Kesehatan Mata dengan Sayur dan Buah Kuning

Kesehatan Mata dengan Sayur dan Buah Kuning
Kesehatan - Anda pasti mengenal sayur wortel yang identik dengan anggapan kaya akan vitamin A dan mampu menjaga kesehatan mata. Memang benar Ladies, tidak ada yang salah dengan hal itu. Sayur seperti wortel dan tomat adalah sayur yang kaya vitamin A dan antioksidan sehingga baik menjaga mata.

Namun bukan hanya sayur dan buah berwarna merah terang saja yang baik untuk mata, beberapa sayur hijau dan kuning juga memiliki peran yang sama dalam menjaga kesehatan mata Anda. Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com,beberapa buah dan sayur tersebut antara lain seperti daun brokoli, brokoli, bayam, jagung, labu, anggur dan kiwi.

Hal ini dikarenakan buah dan sayur berwarna hijau dan kuning tersebut memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis antioksidan yang mampu mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula. Jadi, antioksidan bukan hanya baik untuk kulit, namun juga mencegah radikal bebas yang dapat merusak mata, terutama pada retina dan lensa mata.

Beberapa nutrisi yang sangat baik dalam mencegah penyakit mata degenerasi makula yang paling umum adalah vitamin A sebagai beta-karoten. Selain itu juga dibutuhkan vitamin C dan E serta mineral seperti seng dan tembaga.

Beberapa penelitian telah melakukan pengujian terhadap pengaruh beberapa vitamin beserta lutein dan zeaxanthin terhadap penglihatan dan kesehatan mata. Hasilnya menunjukkan bahwa peran antioksidan sangat besar dalam mencegah dan menghambat degenerasi makula, yaitu penyakit yang mengakibatkan hilangnya penglihatan atau kebutaan. Info Kesehatan 

Jadi, jika Anda ingin memiliki mata sehat, perkaya asupan vitamin dan mineral serta antioksidan dengan variasi sayur buah berwarna kuning dan hijau ya Ladies.