Kesehatan : Gejala Viral Meningitis

Kesehatan : Gejala Viral Meningitis
Kesehatan - Ladies, Anda pasti tahu kabar tentang Olga Syahputra yang sedang sakit, bukan? Kabarnya ia menderita meningitis sehingga untuk sementara waktu tidak bisa hadir di layar kaca dan menghibur Anda semua. 

Memang penyakit ini bisa berbahaya jika tidak segera ditangani. Ada dua macam meningitis, yaitu viral meningitis dan bakterial meningitis. Untuk kali ini akan dibahas viral meningitis, yang merupakan penyakit meningitis paling umum terjadi.

Viral meningitis atau meningitis yang disebabkan oleh virus disebut juga dengan meningitis aseptik yang jauh lebih ringan dan tidak mengakibatkan efek jangka panjang dan fatal. Berdasarkan kutipan www.everydayhealth.com, virus penyebab viral meningitis kebanyakan berasal dari keluarga enterovirus, yang merupakan kelompok virus umum penyebab penyakit.

Biasanya virus masuk melalui mulut dan melakukan infeksi pada otak dan jaringan di sekitarnya sehingga menyebabkan radang pada meningen, atau membran pelindung otak. Beberapa virus lain yang mungkin menjadi penyebab adalah virus cacar air (varicella virus), virus parotitis atau gondok, virus West Nile, virus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk, virus rabies, virus herpes, dan HIV.

Gejala yang bisa diamati dan dirasakan seperti sakit kepala parah, leher kaku, mata yang menjadi sensitif terhadap cahaya, demam, menggigil, nyeri otot, sakit tenggorokan, mengantuk, kebingungan, timbul ruam kulit, nyeri perut, mual, dan muntah. Gejala dapat berlangsung lama dan bertahan selama 7-10 hari.

Kebanyakan yang mengalami radang selaput otak atau penyakit meningitis ini adalah anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan untuk orang dewasa terserang viral meningitis. Jadi, untuk menghindarinya, hidup sehat dan menjaga kebersihan adalah salah satu caranya.