Kesehatan : Mencegah Virus Viral Miningtis

Kesehatan : Mencegah Virus Viral Miningtis
Kesehatan - Seperti kebanyakan jenis virus, gejala viral meningitis dapat dikurangi dengan cara istirahat yang cukup, minum banyak air, dan mengonsumsi obat yang sudah diresepkan dokter. Namun bukan berarti bahwa hal ini dapat membunuh infeksi, apalagi jika virus yang menginfeksi termasuk yang parah seperti cacar air.

Penyebaran virus meningitis bisa dikarenakan kontak langsung dengan lendir, ludah, dan kotoran dari penderita. Karena kebanyakan penderita meningitis adalah anak-anak yang kurang menjaga kebersihan, para orang dewasa di sekitar mereka juga bisa tertular dengan mudah karena ikut membersihkan tubuh penderita.

Untuk mencegah hal ini terjadi, dan mencegah virus meningitis menyebar, berdasarkan kutipan www.everydayhealth.com, setidaknya ada empat cara yang bisa ditempuh, yaitu

1. Vaksinasi
Meningitis umumnya diderita anak-anak yang terinfeksi virus anak-anak seperti cacar air, polio, gondok, campak, rabies dan rubella. Jadi, mendapatkan vaksin sangat penting dilakukan sejak usia dini untuk menghindari virus penyakit tersebut sekaligus menghindari meningitis.

2. Hindari gigitan nyamuk
Karena virus dapat dibawa oleh nyamuk, maka menghindari gigitan nyamuk adalah salah satu jalannya. Anda bisa mulai dengan membasmi sarang nyamuk, membersihkan selokan dan menyemprot bagian-bagian rumah yang rawan ditinggali nyamuk.

Hindari pula pergi ke kebun saat sore menjelang senja hari, karena nyamuk biasa keluar pada jam-jam itu. Jadi, selain menghindari virus meningitis, Anda juga sekaligus mencegah berkembangnya nyamuk demam berdarah.

3. Cuci tangan
Menjaga kebersihan diri sendiri bisa dimulai dengan membiasakan cuci tangan hingga bersih dengan sabun atau air hangat agar terhindar dari bakteri dan virus penyakit seperti batuk, pilek, diare, dan tidak terkecuali meningitis.

4. Disinfektan
Bersinggungan dengan penderita meningitis bisa memberikan risiko besar tertular meningitis. Untuk itu, mencuci baju dengan bersih dan merendam dalam air hangat serta pembersihan dengan disinfektan bisa menjadi cara yang bisa dilakukan.

Jadi, menjaga kebersihan memang merupakan solusi tepat untuk menghindari segala penyakit, apalagi meningitis. Untuk itu, jangan ragu menerapkan kebiasaan baik mencuci tangan dan menjaga kebersihan seluruh anggota keluarga ya Ladies.