Kesehatan : Mengatasi Sakit Kepala Ringan

Kesehatan : Mengatasi Sakit Kepala Ringan
Kesehatan - Sakit kepala itu cukup mengganggu. Bisa menurunkan semangat dan membuat gagal berbagai rencana yang kita miliki. Namun jangan khawatir, kalau sakit kepala Anda cenderung ringan, Anda bisa mencoba beberapa tips mudah. Dengan begitu Anda tak akan perlu menyentuh obat. 

Cara penanganan sakit kepala ini juga bergantung dari penyebabnya. Ada berbagai faktor kenapa kita mudah pusing secara mendadak. Di antaranya adalah yang berikut ini. 

Pusing Karena Perbedaan Suhu
Sebaiknya hindari tempat yang suhunya berubah drastis. Biasanya terjadi saat kita keluar masuk mall atau ruangan ber-AC ke tempat yang bersuhu normal atau bahkan cukup panas. Untuk sakit kepala seperti ini, Anda memerlukan waktu untuk tidur sejenak. Tak harus 1-2 jam. Tidur 30 menit dengan bangun normal (tidak kaget atau bangun karena terganggu) bisa membuat rasa sakit ini lebih berkurang.

Sakit Kepala Akibat Dehidrasi
Anda bisa memilih beberapa alternatif, di antaranya adalah minum air putih perlahan-lahan atau dengan mengonsumsi buah semangka. Keduanya sama-sama bisa mengatasi pusing karena tubuh kekurangan cairan dan elektrolit.

Sakit Kepala Akibat Butuh Nutrisi
Biasanya karena kurang darah atau gula darah turun. Anda bisa menggunakan 3 butir kurma atau buah manis lainnya. Makanan seperti ini bisa menjadi pendahulu sebelum Anda mencoba makanan yang lebih berat. Jangan lupa diimbangi dengan cairan yang berfungsi menyegarkan tubuh.

Minum Air Hangat
Air atau minuman hangat lainnya bisa membuat Anda lebih nyaman saat mengalami pusing. Biasanya karena ada salah satu syaraf atau otot yang kaku dan tegang. Minumlah satu cangkir perlahan-lahan. Bisa berupa sari bunga krisan, teh manis atau sari lemon maupun jahe hangat. Hindari kopi atau susu yang terlalu berat.

Stretching
Gerakkan badan Anda saat Anda merasa mulai pusing. Stretching bisa membantu melancarkan peredaran darah lebih lancar. Selain itu bisa membantu oksigen masuk dan tubuh yang kaku kembali lentur. Biasanya terjadi karena terlalu banyak duduk.

 Anda bisa mengatasi sakit kepala tanpa harus minum obat-obatan. Selamat mencoba dan sempatkan istirahat agar tubuh selalu segar untuk beraktivitas.