Kesehatan : Penyebab Sakit Kepala

Kesehatan : Penyebab Sakit Kepala
Kesehatan - Kadang, Anda menganggap sakit kepala adalah hal yang remeh dan tidak perlu ditanggapi dengan serius. Memang, sakit kepala bukan penyakit kronis dan setiap orang pasti pernah mengalaminya. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa sakit kepala disebabkan tekanan darah tinggi, gangguan otak, atau stres. Kenyataannya, hal-hal sederhana seperti parfum dapat menyebabkan sakit kepala.

Tak hanya parfum Ladies. Masih banyak lagi hal sederhana seperti berikut yang bisa menyebabkan kepala Anda terasa sakit, dilansir dari MeetDoctor.com.

  1. Kepangan rambut atau ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menyebabkan jaringan di antara kulit kepala menegang sehingga dapat menimbulkan sakit kepala.
  2. Zat tiramin yang terkandung di dalam makanan atau pembuatan makanan yang membutuhkan waktu cukup lama. Sebut saja keju yang pembuatannya akan membuat kandungan tiramin semakin banyak sekaligus meningkatkan tekanan darah ke otak yang membuat Anda sakit kepala. Tiramin juga banyak terdapat di minuman beralkohol.
  3. Melewatkan jam makan dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Saat perut kosong hindarilah makanan manis, terutama permen karena dapat memperparah kadar gula darah. Khusus penderita gastritis, terlambat makan dapat memicu naiknya asam lambung serta memberikan efek sakit kepala.
  4. Dehidrasi atau kurangnya cairan dapat berdampak pada keseimbangan sel dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala.
  5. Kandungan nikotin yang terkandung di dalam rokok sekaligus asapnya dapat menyebabkan pembuluh darah pada otak menyempit. Asap rokok juga berbahaya bagi penderita migrain, karena dapat menimbulkan rasa sakit hingga mempengaruhi mata dan hidungnya.
  6. Postur tubuh atau gerakan yang salah dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala. Misalnya, menjepit telepon antara telinga dan pundak, duduk dengan kursi tanpa penyangga punggung, dan jarak pandang yang terlalu jauh atau dekat.
  7. Aktivitas seks atau latihan fisik yang berlebihan, terutama bagi para penderita migrain.
  8. Aroma yang sangat menyengat seperti parfum atau aroma cat.
  9. Konsumsi kafein berlebih.
  10. Udara panas.

Setelah mengetahui penyebab di atas, sebisa mungkin Anda harus menghindarinya jika tidak ingin kepala Anda sakit.