Kesehatan : Kesalahan Menyikat Gigi

Kesehatan : Kesalahan Menyikat Gigi
Kesehatan - Menyikat gigi adalah rutinitas yang wajib dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan mulut. Tetapi ternyata menyikat gigi tak melulu urusan menggosok dan berkumur saja lho. Timothy Chase, seorang dokter gigi dari New York mengungkapkan ada 5 kesalahan menyikat gigi yang umum dilakukan orang di seluruh dunia tanpa disadari. Apa saja ya? Yuk kita simak penjelasannya, dilansir oleh goodhousekeeping.com:

Menggunakan Sikat Gigi Yang Salah
Kebanyakan sikat gigi hadir dalam 4 tingkat kelembutan sikat: hard, medium, soft dan extra soft. Pilih sikat gigi soft atau extra soft karena lebih fleksibel dan mampu menjangkau sudut-sudut terkecil sekalipun.

Menggunakan Sikat Gigi Terlalu Lama
Ganti sikat gigi setidaknya tiap 3 bulan sekali. Jika Anda lupa kapan terakhir kali menggantinya, perhatikan ujung sikatnya. Jika berubah bentuk dan bulu-bulu sikatnya tak beraturan, segera ganti sikat gigi Anda.

Menyikat Gigi Ke Arah Samping
Cara yang benar dalam menyikat gigi adalah dengan gerakan memutar. Hindari menyikat gigi ke arah samping dengan kuat karena dapat merusak enamel gigi.

Menggunakan Pasta Gigi Pemutih
Pada dasarnya, warna alami gigi bukanlah putih bersih seperti warna susu. "Sekalipun menggunakan pasta gigi pemutih, hasilnya tidak akan maksimal," ujar Chase. Selain itu, idealnya gunakan pasta gigi hanya sebesar biji kacang.

Tidak Membersihkan Lidah
Ada banyak bakteri bersarang di lidah Anda yang menyebabkan bau mulut tak sedap dan pembusukan gigi. Saat menyikat gigi, jangan lupa juga untuk menggosok lembut permukaan lidah ke arah berlawanan untuk membersihkan bakteri.

Gigi merupakan bagian yang cukup vital pada tubuh manusia. Memiliki gigi yang sehat dan kuat jangan lupa dirawat dengan cara yang benar ya, Ladies. Tunjukkan gigimu dan senyumlah pada dunia :)