Kesehatan : Telinga Sehat Dari Kotoran Telinga

Kesehatan : Telinga Sehat Dari Kotoran Telinga
Kesehatan - Ladies, salah satu indra yang sangat penting dijaga kesehatannya adalah telinga. Kedua telinga Anda memiliki kemampuan luar biasa dengan menerima suara dari luar dan menyaringnya hingga Anda bisa mengenali suara apa yang Anda terima.

Namun ada kalanya telinga juga perlu dibersihkan. telinga mungkin akan mengalami penyumbatan oleh kotoran telinga jika tidak dibersihkan. sebenarnya pembersihan rongga telinga tidak harus dilakukan setiap saat, Ladies.

Telinga sebenarnya memiliki kelenjar khusus bernama cerumen yang bisa membersihkan diri sendiri dengan mengeluarkan semacam lilin yang akan menyaring kotoran. Tujuan utama dari lilin alami ini adalah untuk melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi. Biasanya lilin akan berkumpul dan menjadi kering, dan secara alami akan keluar dari telinga.

Namun penumpukan kotoran telinga juga sangat mungkin terjadi. Gejala yang biasa ditimbulkan karena penumpukan kotoran telinga adalah adanya rasa sakit pada telinga, rasa penuh dan tersumbat, penurunan kemampuan pendengaran, hingga berdenging di telinga atau tinnitus.

Penyumbatan telinga ringan biasanya akan menimbulkan gatal dan membuat Anda lebih sering batuk karena efek alami dari tenggorokan untuk mengeluarkan kotoran di telinga. Jangan kira batuk tidak berguna, karena dengan batuk, Anda juga sekaligus ikut mendorong kotoran di dalam telinga keluar.

Jadi, ketika gejala-gejala tersebut mulai melanda hari-hari Anda dan mengganggu aktivitas, saran terbaik adalah mengeluarkan kotoran telinga dengan bantuan dokter THT, apalagi jika kotoran memadat dan tidak bisa dikeluarkan sendiri, Ladies.