Kesehatan : Minyak Ikan Bagus Untuk Kesehatan Mata

Kesehatan : Minyak Ikan Bagus Untuk Kesehatan Mata
Kesehatan - Salah satu nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh adalah asam lemak omega-3. Lemak sehat ini banyak ditemukan pada daging ikan segar dan paling banyak pada jenis ikan air laut. Jenis ikan air tawar juga memiliki asam lemak omega 3 namun tidak sebanyak ikan air laut.

Asam lemak omega 3 dibutuhkan untuk menutrisi tubuh dan untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Anda mungkin tidak boleh banyak makan daging ikan laut karena memiliki risiko kandungan racun berupa merkuri, oleh karena itu, asam lemak omega 3 banyak dikemas dalam bentuk minyak ikan.

Namun fungsi omega-3 dalam minyak ikan bukan hanya mampu menjaga kesehatan janin, berdasarkan kutipan dari www.everydayhealth.com, asam lemak omega 3 juga mampu mencegah penyakit mata degenerasi makula. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang makan ikan paling tidak sekali dalam seminggu memiliki 42 persen kemungkinan lebih kecil daripada mereka yang tidak banyak makan ikan.

Penyakit mata degenerasi makula atau AMD merupakan penyakit di mana kerusakan sel-sel syaraf di bagian mata mengalami kerusakan sehingga menjadikan pandangan kabur. Jika Anda menderita AMD, maka Anda akan mengalami kesulitan membaca, mengemudi dan bahkan mengenali wajah seseorang.

Umumnya, selama ini asam lemak omega 3 dalam minyak ikan dikaitkan dengan kesehatan jantung, namun ternyata juga bisa menjaga kesehatan mata. Mungkin hal ini dikaitkan dengan kemampuan omega 3 dalam mengurangi peradangan sehingga mampu menurunkan risiko degenerasi makula pada mata.

Namun tentu saja Anda juga harus melengkapi nutrisi lain yang bisa menjaga kesehatan mata seperti misalnya antioksidan, vitamin A, C dan E yang banyak didapat dari sayur dan buah. Dengan menambahkan konsumsi minyak ikan 1 butir per hari bukan hanya akan menjaga kesehatan jantung dan janin, namun juga mata Anda yang sehat.