Kesehatan : Tips Tubuh Bugar Untuk Lansia

Kesehatan : Tips Tubuh Bugar Untuk Lansia
Kesehatan - Ladies, manusia sudah tentu akan bertambah tua setiap harinya, begitu pula kesehatan yang menurun. Mungkin Anda sudah tidak mampu lagi mengangkat barang berat atau m:elakukan berbagai aktivitas cepat dan berat karena nyeri yang Anda rasakan.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa memiliki tubuh kuat saat sudah tua Ladies. Agar tetap dapat beraktivitas dengan baik, menurut www.health.com, ada beberapa tips untuk mengonsumsi makanan agar tubuh tetap sehat, yaitu

1. Perbanyak lutein
Saat tua, banyak masalah kesehatan yang kan menimpa, tidak terkecuali mata. Untuk menjaga mata sehat dan menghindari degenerasi makula serta katarak, selain vitamin A, makan makanan yang banyak mengandung lutein adalah solusinya. Beberapa makanan tersebut antara lain bayam, brokoli dan daunnya, jagung, buah kiwi, anggur dan kuning telur.

2. Perbanyak serat
Serat dibutuhkan semua orang, terutama orang tua untuk pencernaan yang lancar. Asupan serat adalah kunci untuk menjaga fungsi normal usus dan dapat menurunkan risiko peradangan gastrointestinal. Selain itu, juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko kenaikan gula darah setelah makan.

3. Batasi makanan berlemak
Saat usia lanjut, sudah saatnya berhenti makan makanan berlemak dan berminyak seperti makanan bersantan. Hindari sebisa mungkin konsumsi lemak jenuh karena merupakan sumber penyakit. Lemak yang baik bisa didapat dari ikan, sayur seperti kedelai dan minyak kanola karena kaya vitamin E dan K.

4. Kurangi karbohidrat  dan makanan berkalori tinggi
Seiring dengan bertambahnya usia, tingkat metabolisme akan melambat, sehingga asupan kalori harus dikurangi. Orang tua kan lebih sedikit bergerak sehingga asupan kalori juga perlu dikurangi untuk menghindari kegemukan yang mengundang banyak penyakit, seperti stroke, serangan jantung, diabetes, osteoporosis dan osteoarthritis.

5. Konsumsi suplemen
Kebanyakan orang lanjut usia sudah tidak bisa mengonsumsi makanan bertekstur keras sehingga nutrisi yang diperlukan tidak tercukupi. Untuk menyiasatinya, tambahan suplemen dengan komposisi kalsium, vitamin B12 dan vitamin D bisa dikonsumsi karena membantu menjaga kepadatan tulang.  

Itu dia tips sehat untuk mendapatkan tubuh sehat saat tua. Jangan menunggu tua untuk bisa menjaga tubuh Anda, mulailah dari sekarang. tips Tubuh bugar