Kulit Kering Gara - Gara Mitos

info kesehatan Coba letakkan ujung kuku di atas kulit Anda, lalu buatlah gerakan berbentuk garis lurus. Jika ada bekas warna putih di atas goresan, berarti kulit Anda kering. Wah wah.. ini adalah tanda bahwa kulit Anda membutuhkan perawatan lebih, karena salah satu ciri kulit sehat adalah kulit yang lembab.

Ada banyak penyebab kulit menjadi kering, salah satunya adalah perawatan yang salah. Beberapa mitos di bawah ini seringkali dipercaya, padahal tidak semuanya benar. Kadang, mitos-mitos yang tidak bertanggung jawab ini bisa membuat kulit semakin kering. Dilansir oleh rd.com, inilah beberapa mitos yang sebaiknya tidak Anda percaya.

Mitos: Makin Tebal Pelembab Makin Bagus
Fakta: Memakai pelembab memang dapat membuat kulit lebih lembab dan sehat, namun semua yang berlebihan tidaklah baik. Semakin tebal Anda memakai pelembab, makin banyak sel kulit mati yang terjebak dan kulit semakin sulit bernapas. Akibatnya, kulit akan tampak makin kusam. Jika Anda merasa kulit makin kusam setelah memakai krim pelembab, mungkin Anda harus mencoba pelembab bentuk gel yang lebih ringan.

Mitos: Saat Mendung Atau Hujan Tidak Perlu Pakai Sunscreen
Fakta: Saat mendung dan hujan sekalipun, sinar matahari tetap sampai di kulit Anda. Maka tetaplah memakai sunscreen atau sunblock yang dapat melindungi  kulit dari pengaruh UV A dan UV B. Bahkan jika Anda sering beraktivitas di dalam ruangan, sinar matahari tetap mengenai kulit Anda.

Mitos: Kulit Berminyak Tidak Perlu Pelembab
Fakta: Ada benarnya, karena secara alami kulit akan mengeluarkan minyak untuk menjaga kelembaban. Namun, ada beberapa kondisi di mana kulit berminyak sekalipun butuh pelembab ekstra, misalnya saat Anda berada di dalam ruangan yang ber AC atau berada di udara yang sangat dingin. Jika kulit Anda berminyak, pakailah pelembab yang berbahan dasar air, sehingga tidak akan membuat wajah Anda tampak semakin berminyak.

Mitos: Mandi Membuat Kulit Makin Lembab
Fakta: Setelah mandi, kulit memang terasa fresh, lembab dan sehat, namun sebenarnya bahan utama sabun mengikis minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit. Maka jangan heran jika 15 menit setelah mandi, kulit menjadi kering, terasa kencang bahkan gatal. Itu adalah tanda kulit mengalami kekeringan. Usahakan langsung memakai pelembab dan body lotion setelah selesai mandi. Jika tidak diperlukan, tidak perlu mandi air hangat, karena semakin tinggi suhu air, semakin kering kulit Anda.

Semoga informasi ini bisa membuat kulit Anda semakin cantik. Jangan selalu percaya mitos-mitos yang beredar, karena tidak semuanya benar.