Makanan Berlemak yang Bagus Untuk Kesehatan

info kesehatan Selama ini banyak orang menjauh dari lemak, kabarnya lemak dapat membuat badan mudah gemuk dan memicu berbagai penyakit. Sebenarnya hal itu tidak selalu benar, karena ada lemak jahat yang harus dihindari, namun ada lemak baik yang sebaiknya Anda konsumsi.

Dilansir oleh Newsmaxhealth.com, ada beberapa lemak baik yang sebaiknya Anda konsumsi. Lemak-lemak baik ini akan membuat tubuh Anda lebih sehat, jantung lebih sehat dan tidak perlu khawatir dengan efek buruknya, karena lemak-lemak ini memang disarankan untuk sering dikonsumsi. Menurut data yang ditulis dalam Centers for Disease Control and Prevention, inilah 5 lemak sehat yang sebaiknya Anda konsumsi.
 
Ikan
Lemak baik dalam ikan lebih sering disebut dengan lemak tak jenuh ganda atau asam lemak omega 3. Lemak sehat ini banyak ditemukan pada ikan seperti salmon, namun banyak ikan laut lain yang memiliki asam lemak omega 3 sebaik salmon. Lemak yang sangat sehat ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi orang dan menurunkan risiko sakit sendi.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan mengandung lemak nabati. Dengan proses yang sehat, konsumsi kacang secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kacang yang baik untuk kesehatan Anda adalah kacang almond, kacang mede, hazelnut, kacang tanah, pistachio, macadamia, kenari dan sebagainya.
   
Produk Susu
Jumlah kecil lemak susu yang dikonsumsi tidak akan menjadi masalah bagi kesehatan Anda, termasuk pada olahan susu seperti keju atau yogurt. Dalam jumlah yang tepat, lemak dalam susu tidak akan memberi bahaya pada tubuh. Konsumsi susu yang rutin dengan jumlah yang pas akan meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat.
 
Minyak Nabati
Penggunaan minyak nabati seperti minyak zaitun dan minyak sawit sebenarnya sehat karena mengandung asam lemak omega 3. Namun seringnya penggunaan minyak untuk makanan yang diproses goreng tidak disarankan, apalagi memakai minyak yang sama berkali-kali. Namun untuk makanan tumis dengan sedikit minyak, hal tersebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Daging Merah dan Unggas
Banyak yang bilang makan daging merah (sapi, kambing, dll) atau unggas (ayam, bebek, burung dara, dll) dianggap berbahaya untuk kesehatan. Sebenarnya semau itu tergantung bagian daging mana yang Anda ambil dan bagaimana mengolahnya. Daging ayam tanpa kulit atau sapi tanpa lemak adalah daging yang sehat dikonsumsi, apalagi jika proses memasaknya tidak dibakar atau tidak digoreng. Zat besi dan lemak sehat dalam daging merah dan  unggas baik untuk kesehatan jantung Anda dan dapat menjaga tekanan darah.

Mulai sekarang, jangan takut dengan lemak sehat. Yang harus Anda perhatikan adalah jumlahnya, karena yang berlebihan itu tidak baik.