Tips Agar Anak Fit Saat Ibadah Puasa

info kesehatan Bagi orang dewasa, menjalankan ibadah puasa bukan hal yang menjadi beban lagi. Berbeda dengan anak kecil yang masih belajar dan bahkan belum tentu kuat menjalankan puasa. Terlebih lagi, usia mereka masih dalam tahap pertumbuhan di mana mereka masih membutuhkan banyak asupan nutrisi.

Lalu, bagaimana dong agar anak selalu fit saat berpuasa?

Jangan khawatir Ladies. Sebagai orangtua, Anda harus benar­benar menjaga kondisi kesehatan anak agar tetap fit selama berpuasa. Berikut ini adalah beberapa tips agar anak tetap fit selama puasa seperti yang dilansir dari MeetDoctor.com:
  • Biasakan agar anak Anda minum air putih yang cukup saat sahur. Hal itu bertujuan untuk menghindarkan ia dari dehidrasi.
  •  Saat sahur, pilihlah makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur­sayuran. Tak hanya itu, anak juga membutuhkan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Makanan jenis ini dapat mempertahankan kadar gula darah stabil lebih lama dalam darah. Sebut saja, karbohidrat kompleks seperti beras merah.
  •  Saat sahur, usahakan agar anak tidak makan berlebihan agar ia tidak kembung dan terlalu kenyang.
  • Tidak mengonsumsi makanan pedas dan minuman bersoda, karena dapat menaikkan kadar asam lambung dan menyebabkan sakit maag. Anda juga sebaiknya melarang anak tidak mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan mengandung bumbu penyedap rasa karena dapat meningkatkan rasa haus.
  • Saat berbuka, awali dengan makanan manis dengan porsi yang pas supaya kekurangan glukosa saat puasa bisa terpenuhi. Misalnya, sebutir kurma atau teh manis hangat.

Nah Ladies, Anda bisa mencoba tips di atas untuk menjaga kesehatan buah hati selama berpuasa.