Makanan Yang Buat Kenyang Lama

info kesehatan Puasa Ramadan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Anda yang menjalankan ibadah puasa tentu berharap puasa selalu lancar dan tetap sehat hingga Hari Kemenangan tiba. Biasanya, jika puasa, perut sering terasa lapar ketika siang hari. Padahal jam buka puasa masih lama, tapi perut sudah terasa lapar sekali.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih makanan yang memiliki serat tinggi dan sehat. Sehingga, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan proses pencernaan makanan di bagian usus juga lebih sehat karena makanan Anda mengandung banyak serat.

Dilansir oleh Huffingtonpost.com, inilah 5 makanan sehat dan enak yang bisa Anda nikmati saat sahur agar perut terasa kenyang lebih lama.

    Apel


    Apel adalah salah satu buah yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Anda bisa menikmati kesegaran apel saat makan sahur. Menurut Dr Debra Wein, apel memiliki kandungan serat dan kandungan air yang tinggi, sehingga makan 1  buah apel ukuran sedang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, nutrisi dalam apel akan menjaga tubuh tetap fresh hingga jam berbuka puasa.

    Alpukat

    Jangan takut makan alpukat, buah yang rasanya enak dan gurih ini sering ditakuti karena mengandung lemak. Memang benar bahwa alpukat memiliki kanduangan lemak, namun itu adalah lemak baik yang akan menjaga kesehatan jantung Anda. Disarankan, makan alpukat tidak perlu dicampur susu kental manis atau gula agar lebih sehat. Journal Nutrition menunjukkan bahwa wanita yang makan alpukat cenderung bisa menahan lapar 3 jam lebih lama dibanding yang tidak.

    Kacang-Kacangan
    Berbagai jenis kacang juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan protein alami di dalam kacang-kacangan akan membuat Anda kenyang lebih lama sekaligus mengontrol keinginan untuk makan. Kacang juga kaya akan serat, antioksidan, vitamin B dan zat besi yang sangat diperlukan tubuh. Seseorang yang makan kacang cenderung bisa menahan lapar 31 persen lebih lama dibanding yang tidak.

    Telur

    Salah satu bahan makanan yang praktis, sehat dan dapat menunda lapar lebih lama adalah telur. Penelitian yang dilakukan oleh  University of Missouri di Columbia menunjukkan bahwa seseorang yang makan telur dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, bahkan hingga siang. Jumlah protein yang tinggi dalam telur membuat rasa kenyang ini bertahan. Yang pasti, telur juga sehat dan dapat membuat tubuh kuat dan tidak lemas selama menjalankan ibadah puasa.

    Oatmeal

    Terlambat bangun sahur dan hanya punya waktu 10 menit sebelum imsak? Daripada Anda makan mie instant, akan lebih baik jika Anda makan oatmeal, karena bahan makanan ini mengandung lebih banyak serat sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Akan lebih baik jika makan oatmeal disiram dengan susu cari. Perpaduan ini akan membuat oatmeal jadi kaya protein. Perut kenyang lebih lama, tubuh mendapat cukup nutrisi hingga waktu berbuka.

Itulah beberapa pilihan makanan yang mudah ditemui, murah dan praktis untuk sahur. Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga Anda yang menjalankan ibadah puasa tetap sehat dan mendapat berkah di bulan yang penuh ampunan ini.