Psoriasis?

info kesehatan Ada beragam penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, bakteri maupun kuman. Salah satu yang paling sering dialami manusia adalah psoriasis.

Disebut psoriasis, karena kulit menebal, meninggalkan bercak berwarna putih kemerahan, dan terkadang sangat mencolok. Bisa muncul di mana saja, namun umumnya muncul di bagian siku, lutut dan punggung.

Gejalanya adalah munculnya kemerahan pada kulit yang diikuti dengan rasa gatal dan menebal. Kemudian makin lama makin gatal serta menyebar luas. Mudah berdarah apabila digaruk, dan iritasi.

Menurut WebMD, ada beberapa jenis psoriasis:

Psoriasis kuku

Sekian banyak orang mengalami psoriasis kuku, di mana kuku seperti memiliki plak dan warnanya kuning kemerahan. Kuku akan mudah rapuh, menebal dan buruk rupa.

Psoriasis Arthritis

Dialami lebih dari 15% orang, di mana rasa ngilu di persendian dan biasa dialami usia 30-50 tahun.

Penyebab utama psoriasis

Menurut ilmuwan, psoriasis bisa terjadi karena sistem immune tubuh yang sangat lemah, gen, faktor lingkungan, dan lain sebagainya. Umumnya, kulit bisa segera beregenerasi, namun karena metabolisme yang rendah, prosesnya akan memakan waktu yang sangat lama.

Dibutuhkan konsultasi dengan dokter dan pengobatan terutama topical sehingga psoriasis bisa segera disembuhkan. Selain itu, disarankan agar Anda memiliki istirahat cukup dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi.