Melibatkan si Kecil Dalam Ibadah Ramadan

info kesehatan Puasa diwajibkan bagi setiap muslim yang telah baligh, tetapi, bukan berarti anak kecil tak perlu dilibatkan dalam ibadah Ramadan. Ada banyak kelebihan melatih anak untuk berpuasa sejak kecil. Selain itu, banyak dari mereka yang memang sangat ingin mengikuti apa yang orangtua dan keluarganya kerjakan. Ada banyak cara melibatkan mereka dalam kegiatan ibadah saat Ramadan, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti, seperti dilansir islamiquemagazine.com.

    Mulai saat masih kecil

    Pengenalan dapat dimulai sedini mungkin. Mulai dari membiasakan mereka melihat orangtuanya sholat tarawih atau menyiapkan berbuka semenjak masih balita, mereka akan menjadi lekat akan nuansa kental Ramadan sejak dini. Jika mereka belum dapat berpuasa, kenalkan bulan Ramadan pada mereka dengan menceritakan dan mencontohkannya. Hal-hal seperti membuat kartu selamat hari raya juga dapat menjadi media pengenalan bagi mereka.

    Pelan-pelan

    Saat mereka sudah mengerti arti puasa, biasakanlah mereka untuk ikut sahur dan berpuasa. Karena hal ini tentu belum menjadi kewajiban bagi mereka. Anda dapat mengajarinya secara bertahap. Mulai dari berpuasa beberapa jam saja, lalu dilanjutkan dengan berpuasa sampai dhuhur tiba.

    Selain itu, biasakanlah mereka untuk melakukan ibadah yang lain seperti belajar membaca al-Qur'an secara rutin setiap hari dalam jumlah yang bertahap. Beritahu mereka pahala dan manfaat ibadah yang mereka lakukan.

    Hadiah

    Akan sulit bagi anak yang masih kecil untuk dapat mengerti konsep pahala. Karena itu, Anda bisa memberi mereka semangat dengan hadiah-hadiah kecil untuk menghargai apa yang telah mereka lakukan.

    Ke Masjid
    Bawalah anak Anda ke masjid saat maghrib untuk memberikan warna pada semangatnya untuk beribadah selama Ramadan. Buka puasa bersama dan sholat berjama'ah di masjid akan dapat meningkatkan semangatnya untuk beribadah.

    Alihkan

    Bagi anak-anak godaan makanan bukanlah hal yang mudah. Saat anak terlihat akan menyerah, alihkan mereka dengan permainan atau kegiatan lain yang bermanfaat seperti membaca kisah islami.

Lebih dari itu semua, ingatlah untuk memanfaatkan momen Ramadan sebagai waktu untuk menyiapkan anak-anak Anda saat dewasa. Apa yang Anda biasakan hari ini akan melekat bersamanya saat mereka dewasa.