Sehat dan Cantik dengan Lulur Tradisional

info kesehatan Siapa sih yang tidak kenal dengan lulur? Ramuan yang satu ini sudah menjadi rahasia kecantikan para putri keraton sejak zaman dulu. Tapi sekarang, tidak perlu menjadi putri keraton jika ingin lulur setiap hari. Kini semua orang bisa mempercantik kulit tubuhnya dengan lulur yang sudah tersedia dalam kemasan yang praktis.

Lulur memanfaatkan berbagai ramuan alami yang telah dihaluskan untuk diaplikasikan secara langsung pada kulit. Lulur mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memberikan nutrisi pada kulit agar terserap sampai ke dalam sel kulit. Untuk Anda yang ingin memudarkan noda hitam pada kulit, lulur juga bisa mencerahkan kulit Anda. Lakukan lulur secara teratur 1-2 kali sebulan untuk menjaga kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis lulur tradisional. Mengingat Indonesia terdiri dari beberapa daerah, lulur alami khas Indonesia juga berbeda-beda sesuai daerah dan fungsinya.

Lulur kuning pandan Jawa

Lulur ini terbuat dari campuran tepung beras, kunyit, kencur, temu giring dan daun pandan serta ditambahkan beberapa tetes air mawar. Lulur ini dapat menghilangkan sel kulit mati, menyejukkan serta melembabkan kulit. Selain itu kunyit dalam lulur ini dapat memberi kesan warna kuning langsat pada kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Lulur boreh Bali

Bali memiliki lulur tersendiri yang dikenal dengan nama boreh. Lulur ini dibuat dari campuran beras, kencur, jahe, kunyit, cengkeh, biji pala, kayu cendana, kemiri dan kelapa parut. Bahan-bahan ini dipercaya dapat mengangkat sisa kotoran, membersihkan kulit dari bakteri serta memiliki unsur stimulan alami sebagai penghangat tubuh.

Lulur Kalimantan

Lulur dari daerah Kalimantan semuanya mengandung susu yang dicampur dengan bahan baku yang terbuat dari rempah-rempah alami berbentuk serbuk yang sangat halus. Ramuan ini merupakan warisan turun temurun dari suku Dayak yang mampu mengangkat kotoran tubuh secara maksimal sehingga kulit menjadi lebih halus dan cerah. Selain dari bahan susu dan rempah-rempah, Kalimantan juga menghasilkan lulur cokelat, kopi, teh hijau, dan masih banyak lagi.

Lulur Scrub

Ada dua jenis lulur scrub, yaitu granule atau butiran dan tanpa granule atau tanpa butiran. Granule pada lulur tradisional yang terbuat dari bahan alami biasanya memiliki butiran yang lebih keras dan kasar daripada body scrub. Untuk itu scrub disarankan tidak dipakai di kulit wajah yang lebih sensitif dari kulit tubuh lainnya.

Mana yang paling Anda sukai, Ladies? Yuk dicoba lulur alami asli buatan Indonesia yang cocok untuk jenis kulit Anda.