Tips Mengontrol Makan Saat Berbuka Puasa

info kesehatan Bulan ramadan merupakan kesempatan yang baik untuk mengubah gaya hidup. Dengan jam makan yang lebih pendek, puasa dapat menjadi langkah awal yang baik untuk kebiasaan makan yang lebih sehat.

Sayangnya, banyak orang yang merasa sangat kelaparan saat puasa. Akibatnya, buka puasa menjadi pelampiasan untuk memuaskan hasrat makan yang membabibuta. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk mengontrol makan saat berbuka puasa, seperti yang dilansir oleh nst.com:

    Rencanakan Menu Berbuka

    Penting untuk merencanakan menu berbuka dan sahur yang akan Anda makan. Jika Anda berpuasa lebih dari 16 jam, Anda memerlukan makanan yang seimbang. Sayuran, karbohidrat, lemak dan protein akan memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga Anda terhindar dari rasa lapar yang berlebihan.

    Jangan Melewatkan Sahur

    Makan saat sahur sangat penting karena jika Anda tidak sahur maka Anda cenderung makan berlebihan untuk mengobati rasa lapar Anda selama seharian.

    Makanlah Makanan Berserat

    Makanan berserat tinggi sangat disarankan karena lambat dicerna dan memberikan rasa kenyang sepanjang hari. Oleh karena itu, makanan berserat cocok dimakan saat sahur sehingga Anda tidak tergoda untuk makan berlebih saat berbuka puasa.

    Perbanyak Minum Air Putih, Kurangi Minuman Manis

    Minuman (dan makanan manis) akan menimbulkan rasa lapar beberapa jam setelah makan. Oleh karena itu, kurangi minuman manis saat berbuka dan gantilah dengan memperbanyak minum air putih.

    Hindari Gorengan Dan Makanan Berlemak

    Gorengan dan makanan yang berlemak memang terasa lebih nikmat jika seharian kita belum makan. Tetapi makanan ini justru tinggi kalori dan kecil nilai gizinya. Makanan-makanan ini akan membutuhkan tenaga cerna yang besar sehingga Anda akan merasa lelah seharian.

Dengan melakukan tips-tips di atas, konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda akan lebih terkontrol sehingga Anda terhindar dari kekalapan saat berbuka puasa. Bagaimana cara Anda mengatur makan saat berpuasa?

0 Response to "Tips Mengontrol Makan Saat Berbuka Puasa"

Posting Komentar