Makanan Sehat Bisa Menyebabkan Kolestrol Tinggi

info kesehatan Ketika Anda berbelanja, Anda bisa melihat tulisan 'low cholesterol' dalam sebagian besar label makanan. Dan demikian, dengan mudahnya para customer percaya begitu saja bahwa makanan tersebut aman dan menjauhkan mereka dari kolesterol.

Faktanya, tidak demikian. Makanan berlabel low cholesterol bukan berarti tidak mengandung kolesterol. Umumnya, jumlah kolesterolnya lebih rendah dari makanan lain. Namun, tetap harus dikonsumsi sesuai porsi agar tidak berlebihan dan malah menyebabkan penyakit.

Menurut WebMD, ada beberapa jenis makanan yang katanya berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan bisa menyebabkan peningkatan kolesterol jahat.

Kopi

Satu atau dua cangkir kopi dalam sehari baik bagi kesehatan, namun bila Anda mengonsumsi berlebihan porsi dan ditambah gula, maka kolesterol jahat bisa meningkat jumlahnya.

Granola

Apakah Anda pernah mendengar granola? Yeap... granola adalah jenis biji-bijian yang biasa dijadikan menu sarapan pagi bagi pelaku diet. Tetapi hati-hati ya, jangan berlebihan pula karna ia dapat meningkatkan kandungan lemak di dalam tubuh.

Udang
Kalau makan seporsi kecil udang sih Anda tak harus khawatir akan ancaman kolesterol naik. The American Heart Association merekomendasikan pengonsumsian makanan mengandung kolesterol sebanyak 300 mg, yang artinya setidaknya Anda boleh mengonsumsi seporsi udang (kandungan kolesterol 190mg per porsi).

Daging merah


Daging sapi bagian manapun tetap boleh dikonsumsi, porsinya yang penting harus tidak berlebihan. Bagaimana dengan pecinta jerohan? Jerohan juga boleh dikonsumsi karena sebenarnya juga tinggi kandungan zat besi, namun cukup 3 ons saja per bulan.

Margarin

Margarin dan mentega, mana yang lebih baik? Sebenarnya pilihan yang sulit untuk menjawab mana yang lebih baik karena sebenarnya dua-duanya mengandung lemak. Namun, disarankan memilih margarin ketimbang mentega, dan jumlahnya juga tak boleh berlebih.

Pasta

Para pelaku diet juga tak perlu takut akan menu pasta. Diet Mediterania menganjurkan mengonsumsi pasta dengan porsi cukup agar diet tetap seimbang. Apalagi, campuran dari pasta ini umumnya kaya nutrisi tinggi.

Daging bebek

Daging bebek memang jenis unggas yang tinggi kolesterol. Walaupun kulitnya dibuang, kandungan kolesterolnya tidak berkurang. Anda tetap boleh mengonsumsinya kok, dalam porsi yang pas. Imbangi juga dengan minum-minuman jeruk nipis atau lemon serta madu.