Tips Mengurangi Vitiligo

info kesehatan Selain tidak bisa disembuhkan secara total, kondisi kulit vitiligo atau hilangnya warna kulit alami pada tubuh, mungkin juga akan berpengaruh terhadap kepercayaan diri Anda, karena bukan tidak mungkin banyak orang akan memperhatikan Anda saat sedang keluar rumah.

Jika Anda mengalami masalah kulit seperti ini, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat beresiko tinggi memperparah masalah kulit vitiligo yang Anda alami. Berdasarkan kutipan dari www.newhealthguide.org, ada 4 jenis makanan yang tidak perlu Anda makan agar tidak memperparah keadaan vitiligo, antara lain sebagai berikut

Susu serta produk olahannya

Meskipun Anda menyukai susu baik susu sapi atau kambing dan sebagainya, namun sebaiknya Anda tidak lagi mengonsumsinya, termasuk juga produk olahan susu seperti keju, yogurt, es krim, permen rasa susu dan lain sebagainya.

Minuman kaleng
Produk minuman berkarbonasi tidak memiliki antioksidan sama sekali, hanya memiliki banyak sekali gula buatan dan pengawet sehingga tidak baik untuk kesehatan kulit dan risikonya adalah makin memperparah keadaan kulit vitiligo.

Makanan cepat saji
Makanan seperti burger, ayam goreng, sosis, nugget, kornet dan bahan makanan olahan lain yang mengandung banyak pengawet serta sudah diolah terlebih dahulu memiliki lebih sedikit nutrisi sehingga tidak baik untuk proses penyembuhan vitiligo. Bahkan daging merah segar dan ikan sebaiknya dihindari saja.

Makanan pedas dan berminyak

Makanan yang pedas, berlemak dan berminyak seperti gorengan,makanan bersantan dengan cabai yang banyak bukanlah kombinasi sehat jika Anda ingin menghentikan penyebaran kulit vitiligo karena selain kolesterol tinggi, juga tidak banyak mengandung nutrisi dan antioksidan.

Untuk bisa menghentikan penyebaran vitiligo memang diperlukan pengorbanan seperti menghindari beberapa makanan penyebab penyakit, namun hal ini tidak akan membuat Anda menyesal kok.