Manfaat Dandelion

info kesehatan Apakah Anda suka dengan bunga terbang? Saat masih kecil kita sering memainkan bunganya untuk ditiup dan bunganya akan beterbangan ke udara. Bunga yang disebut juga sebagai dandelion ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Pusat kesehatan Universitas Maryland menjelaskan bahwa tanaman ini mengandung bahan-bahan yang bisa menyehatkan tubuh bagian dalam maupun luar. Seperti yang dirangkum dalam The Mind Unleashed, berikut ini adalah beberapa bagian dandelion dan manfaatnya.

Akar Bunga Terbang Untuk Kesehatan Liver
Salah satu manfaat bunga terbang adalah mampu menyehatkan liver. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah akarnya. Akar bunga dandelion mampu membantu mencegah pendarahan. Selain itu juga bisa menjaga kemurnian darah dan aliran empedu. Namun sampai sekarang belum ada informasi seputar obat yang mengandung ekstrak akar dandelion.  

Membantu Mempercantik Kuli
Seperti bunga dandelion yang cantik dan lembut, kulit juga bisa jadi halus karena bunga ini. menurut penelitian, bunga terbang ini mampu melawan jerawat dan masalah eksim pada kulit. Para ahli percaya bahwa jus bunga dandelion bisa membantu membersihkan toksin dalam tubuh. Getah bunga Dandelion mengandung alkalin yang bisa memberantas kuman dan mengandung anti oksidan.

Menjaga Kesehatan Mata
American Optometric Association mengatakan bahwa biji bunga terbang mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa menjaga mata dari resiko penyakit katarak. Sekitar 1 cup biji bunga dandelion sudah bisa memenuhi kebutuhan harian untuk dua zat tersebut. 
Tak disangka ya bunga ini punya beragam manfaat. Ada juga yang mengatakan kalau daun bunga terbang bagus untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk menemukan bahan menyehatkan terbaik dari alam.