Cantik : Cara mengetahui kesehatan Rambut

Cantik : Cara mengetahui kesehatan Rambut
Cantik - Gimana sih kita bisa tahu rambut kamu sehat atau nggak? Nggak mudah rontok? Mudah diatur? Nggak bercabang? Yang pasti, rambut sehat itu tak hanya terlihat indah dari luar. Sehatnya rambut itu tergantung keadaan keratin,lipid, dan kutikula yang merupakan struktur pembentuk rambut. Jika bagian tersebut rusak, maka rambutmu pun jadi rusak dengan atau tanpa kamu sadari.

    “Biasanya sih diwarnain atau di-styling aja biar ga keliatan kalau rusak!”

Well Ladies, seheboh apapun kamu mewarnai atau men-stylingrambutmu, rambut akan tetap terlihat tidak maksimal kalau memang rusak. Rambut kasar, kusam dan kering tidak akan dapat disembunyikan.

Nah, mungkin terlihat susah cara mengecek rambut sehat atau tidaknya, karena diameter helai rambut sangat kecil. But, you don’t need to worry, Ladies. Soalnya, Dove punya 6 langkah mudah untuk cek kondisi rambut. Berikut caranya:

Lembut Saat Disentuh

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah menyentuh rambutmu. Haluskah saat kamu melakukannya? Jika ya, berarti kutikula atau lapisan luar yang melindungi  bagian dalam rambutmu masih sehat. Kutikula ini berbentuk seperti lapisan yang membentuk seperti sisik ikan yang tersusun rapi saat keadaan kutikula sehat. Nah, jika susunannya rusak (seperti sisik yang terkelupas) maka rambutmu akan terasa kasar saat dibelai.

Meluncur halus saat disisir Jari
Saat menyisir rambutmu dengan jari, jika meluncur hingga ke ujung artinya rambutmu termasuk kategori sehat, Ladies. Jika saat melakukannya ternyata menyangkut, maka ada kemungkinan penyebabnya adalah rambutmu yang kering dan kasar, hingga setiap helainya menyangkut satu sama lain.

Kembali Ke Bentuk Semula
Sekarang, kibaskan rambutmu sesuka hati. Apa yang terjadi? Rambut yang sehat akan kembali ke bentuk semula, karena  rambutmu halus lembut dan tidak kaku (tidak seperti singa, berdiri-diri, atau pecah-pecah). Bagian lipid pada rambutmu pun masih terbilang sehat saat rambutmu tidak terlihat pecah-pecah karena kelembaban alaminya terjaga.

Berkilau
Selanjutnya, tes di bawah sinar! Arahkan rambutmu di bawah sinar lampu atau matahari. Terlihat seperti apakah rambutmu? Jika kusam, maka rambutmu belum terbilang sehat sempurna. Kalau kutikulamu sehat, rambutmu dapat memantulkan cahaya dengan baik. Jadi terlihat indah dan berkilau, deh.

Halus Saat Ujung Rambut Menyentuh Pipi
Bentuk ujung rambut seperti kuas, lalu usapkan ke pipimu. Jika terasa kasar di pipi, berarti kemungkinan rambutmu kering atau memiliki  rambut bercabang, Ladies! Itu berarti keratin (protein) pada rambutmu sudah rusak. Ketika keratin rusak, rambutmu jadi mudah pecah, bercabang, bahkan patah dan rambut rontok. Tapi, jika rambutmu terasa halus saat menyentuh pipi, berarti kamu bisa tersenyum bahagia.

Kuat saat Ditarik

Terakhir, tarik pelan satu helai rambutmu. Jika ternyata langsung patah atau rontok, berarti protein yang ada pada keratin di dalam setiap helai rambutmu telah rusak.  Biasanya helai rambut yang sehat dapat bertahan menempel hingga 2-4 tahun di kepala kamu, lho.

Apakah kamu lulus semua tes di atas, Ladies? Jika iya, tetap harus dijaga agar keindahan dan kesehatan rambutmu. Namun, jika kamu gagal di beberapa poin, jangan berkecil hati. Ada perawatan mudah dan sangat basic tapi penting yang dapat kamu lakukan secara rutin agar rambutmu kembali ternutrisi hingga ke dalam.

Gunakanlah rangakaian Dove Total Damage Treatment yang terdiri dari sampo, kondisioner, hair vitamin dan all day repair cream. Teknologi Keratin Repairnya dapat masuk ke dalam helai rambut dan mengembalikan keratin yang hilang, menguatkan rambut yang rapuh dan mengatasi rambut rontok. Kondisioner nya mampu membuat rambut hingga 5x lebih lembut, mengembalikan kelembapan dan kilau rambut. Vitamin rambutnya mengandung Vitamin E & Botanical extract yang mampu menjaga helai rambut agar tetap sehat, berkilau dan indah ternutrisi seharian!

Nah setelah rambutmu sehat, lakukan apapun yang kamu mau dengan rambutmu!