Kesehatan : Hubungan Kesehatan Rongga Mulut Dengan Jantung

Kesehatan : Hubungan Kesehatan Rongga Mulut Dengan Jantung
Kesehatan - Ladies, semua yang masuk ke perut Anda tentu harus melalui mulut Anda terlebih dahulu. Ini juga yang pada akhirnya menjadi sorotan jika bicara tentang kesehatan, salah satunya kesehatan jantung. Jika Anda belum tahu, sebenarnya ada hubungannya antara kesehatan mulut dan jantung Anda.

Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, yang menyatakan bahwa salah satu penyakit mulut, periodontis, dan penyakit jantung memiliki penyebab yang sama, yaitu rokok dan diabetes. Jika Anda merupakan perokok aktif, maka merokok bisa merusak gigi sekaligus jantung. Begitu juga dengan adanya diabetes.

Dalam laman yang sama bahkan dikatakan bahwa bakteri di dalam mulut yang menyebabkan periodontis akan ikut terbawa masuk ke dalam perut dan aliran darah saat mengunyah dan menyikat gigi, sehingga menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, yang mengindikasikan peradangan pada pembuluh darah.

Bakteri pada mulut ini nantinya dapat menyebabkan hati memproduksi protein tertentu dalam jumlah banyak, yang menyebabkan peradangan pembuluh darah. Peradangan pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

Sedangkan pada orang yang sudah menderita penyakit jantung, setiap kali ada pendarahan di mulut, bakteri di mulut akan memasuki aliran darah dan menetap di katup jantung sehingga menginfeksi, melemahkan atau merusak jaringan. 

Kondisi ini bisa diperparah dengan konsumsi obat-obatan seperti dekongestan, antihistamin, analgesik dan diuretik yang dapat mengurangi aliran air liur. Padahal air liur berfungsi melancarkan jalannya makanan dan menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri di dalam mulut, membantu melindungi Anda dari infeksi mikroba penyebab penyakit. 

Jadi, untuk jalan pencegahan, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan merokok dan banyak minum agar bisa meluruhkan bakteri jahat dan membersihkan rongga mulut. Karena bukan tidak mungkin, dari mulut Anda lah penyakit bisa datang.

artikel kesehatan Lainnya