kesehatan : Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

kesehatan : Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Kesehatan - Idealnya Anda perlu menyiapkan tubuh Anda 6-12 bulan sebelum hamil. Tapi kehamilan bisa saja terjadi di luar rencana dan dugaan Anda. Dan ketika hamil, Anda harus lebih memperhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Dilansir dari womendailymagazine.com, ada 10 jenis makanan yang baik untuk ibu hamil. Simak selengkapnya di sini.

    Kuning Telur dan Minyak Hati Ikan Cod Terfermentasi
    Kandungan vitamin dan mineral telur sebagian besar ada di bagian kuning telurnya. Telur kaya akan vitamin A, E, D, dan K, juga EPA, DHA, dan kolin. Kolin ini sendiri penting untuk fungsi hati dan otak. Sementara minyak hati ikan cod terfermentasi (fermented cod liver oil) kaya vitamin A, D, E, dan K. Minyak ini bisa membantu pertumbuhan tulang bayi karena sangat kaya akan kandungan vitamin D.

    Kaldu Tulang dan Makanan Fermentasi
Kaldu tulang sangat sedap dan memiliki banyak manfaat. Kaldu ini kaya akan kolagen yang dapat membantu mencegah selulit dan stretch mark. Selain itu kaya akan kalsium, fosfor, dan mineral. Sedangkan makanan fermentasi yang mengandung bakteri baik sangat penting untuk saluran pencernaan kita dan penting untuk perkembangan bayi.

    Hati dan Makanan Laut
Hati adalah makanan yang paling bergizi dengan kandungan protein baik yang tinggi. Hati juga mengandung zat besi, seng, tembaga, dan juga sumber asam folat serta vitamin B khususnya B12 yang sangat baik. Sementara makanan laut seperti ikan salmon dan sarden kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk ibu dan bayi. Kerang segar yang masih mentah juga bisa langsung dikonsumsi karena kerang kaya akan seng.

    Grass-Fed Beef dan Telur Ikan
Daging yang diambil dari hewan ternak seperti sapi yang hanya mengonsumsi rumput organik kaya akan vitamin A, E, dan D. Grass-fed beef ini malah memiliki rasio omega 3 dan omega 6 yang lebih tinggi daripada grain-fed beef. Ingin punya bayi sehat? Konsumsilah telur ikan. Terlu ikan kaya akan vitamin D, A, E, dan K, serta sumber zat seng, yodium, dan DHA yang baik.

    Sayuran Hijau dan Minyak Kelapa
Sayuran hijau segar sangat baik untuk ibu sekaligus bayi yang dikandungnya. Minyak kelapa dan mentega juga sangat bergizi. Minyak kelapa memiliki kandungan anti virus dan anti bakteri. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang dapat meningkatkan imunitas ibu dan bayi.



Seorang ibu biasanya akan sangat lumrah untuk ngidam makanan tertentu. Tapi perlu juga memperhatikan konsumsi makanan sehat yang cukup demi kebaikan serta kesehatan ibu sekaligus bayi yang sedang dikandung.