Kesehatan : Makanan Yang Mempunyai Serat Terbaik

Kesehatan : Makanan Yang Mempunyai Serat Terbaik
Kesehatan - Serat merupakan salah satu bahan makanan yang perlu dimasukkan dalam menu makan Anda. Selain melancarkan pencernaan, ternyata juga banyak manfaatnya untuk kesehatan, antara lain seperti menurunkan kolesterol, menurunkan lemak dan racun dalam tubuh serta mencegah kanker usus besar.

Nah, Anda pasti tahu bahwa sayur dan buah merupakan bahan makanan yang tinggi serat. Namun buah dan sayur seperti apa yang kaya serat? Menurut www.health.com, ada beberapa makanan yang bisa dijadikan referensi makanan Anda, antara lain adalah

1. Jagung

Jagung bisa jadi sumber energi pengganti nasi yang juga banyak mengandung karbohidrat dan serat tinggi. Jagung juga kaya vitamin dan antioksidan yang baik dalam mencegah radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Bahkan jagung juga sangat tepat dimasukkan dalam daftar makanan diet penurun berat badan.

2. Kedelai putih
Selain kaya akan serat, kedelai putih juga kaya protein, zat besi dan potassium yang akan memberikan manfaat dalam penurunan tekanan darah tinggi. Cukup makan tempe atau tahu dna berbagai macam olahan kedelai akan mampu memenuhi serat harian Anda.

3. Kedelai hitam

Kedelai hitam jarang sekali dijual untuk langsung dikonsumsi. Kedelai hitam biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan kecap. Kacang kedelai hitam sendiri memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan saudaranya yaitu kedelai putih. Memiliki 15 gr serat dan protein per mangkuk. Selain kaya serat dan protein, kedelai hitam juga kaya flavonoid, semacam antioksidan kuat yang melindungi dari berbagai efek radikal bebas.

4. Kacang merah
Kacang merah diketahui sangat sehat, apalagi jika Anda sedang diet menurunkan berat badan. Bukan hanya kaya serat, namun juga bisa mengganti peran nasi, kaya protein dan zat besi. Anda bisa mengolahnya degan cara dibuat sup, bubur atau campuran es buah segar.

5. Alpukat

Buah yang kaya asam folat ini juga memiliki lemak sehat yang menjaga jantung. Meski tampaknya memang lembut di mulut dan baik sebagai teman diet Anda, ternyata alpukat juga memiliki kandungan serat yang sangat baik. Alpukat sangat baik menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

6. Beras Merah
Meski memang beras putih kelihatan lebih bersih, namun beras merah lebih kaya nutrisi. Tampilan beras merah memang tidak semenarik beras putih, namun percayalah bahwa beras merah lebih kaya serat dengan karbohidrat kompleks yang melancarkan pencernaan.

Bukan hanya itu, karena seratnya yang tinggi, beras merah sangat cocok untuk Anda yang sedang diet. Bahkan bisa menurunkan risiko terkena diabetes karena gula dalam beras merah lebih sedikit dari beras putih.

7. Edamame
Jika Anda suka makanan Jepang, mungkin Anda akan menemui semacam kacang kedelai hijau yang besar rebus yang renyah bernama edamame. Kacang kedelai hijau ini memiliki banyak serat dan protein tinggi serta zat besi seperti saudara kedelai lainnya. Cukup direbus dan dimakan begitu saja, atau juga bisa dicampur dalam sup.

Itu di beberapa sumber serat yang bisa Anda konsumsi setiap hari di rumah Ladies. Bukan hanya memenuhi kebutuhan serat saja, mengurangi makanan berlemak dan gorengan juga sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

0 Response to "Kesehatan : Makanan Yang Mempunyai Serat Terbaik"

Posting Komentar