Kesehatan : Manfaat Hoby Berenang

Kesehatan : Manfaat Hoby Berenang
Kesehatan - Ladies, olahraga bisa bermacam-macam dan bisa dilakukan di darat dan di air. Salah satu olahraga air yang paling umum adalah berenang. Berenang memang menjadi salah satu olahraga yang menenangkan dan tidak membuat Anda kepanasan dan berkeringat banyak, namun tetap mampu membakar banyak kalori tubuh.

Nah, bila Anda termasuk salah satu wanita yang suka sekali melakukan olahraga berenang, maka ada kabar sangat baik yang akan membuat Anda senang. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, manfaat berenang untuk kesehatan antara lain adalah

1. Mengurangi tingkat stress

Saat Anda berenang, pikiran Anda yang panas akan segera dingin. Bagaimana pun, rasa dingin air mampu membuat perasaan tenang dan lebih damai, kecuali jika Anda takut air. Untuk sebagian besar orang, air yang bergerak dan merendam seluruh tubuh, akan memberikan efek rileks sehingga memudahkan orang melupakan masalah mereka.

Seringkali orang yang sudah kesal dan lelah dengan aktivitas sehari-hari, pergi berenang agar bisa kembali segar secara fisik dan pikiran.  Kegiatan ini mampu meningkatkan produksi endorfin di otak yang membantu mengurangi tingkat stress.

2. Meningkatkan kinerja otak

Dengan banyaknya pelepasan endorfin, maka otak juga menjadi lebih rileks dan melepas lelah setelah berpikir selama seharian. Hal ini secara otomatis juga membantu meningkatkan kinerja otak dan mencegah penyakit syaraf otak seperti Alzeimer, Parkinson dan demensia.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Saat Anda berenang, Anda menjadi lebih bekerja keras dalam bergerak karena bergerak di air tidak seringan bergerak di darat. Hal ini akan membantu membakar kalori dan mengubah gula yang tertimbun di tubuh menjadi energi sehingga Anda mengurangi risiko kelebihan gula dalam tubuh. Karena tubuh rileks, produksi insulin juga lancar.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Hal ini hampir sama dengan mencegah diabetes. Karena tubuh mengeluarkan banyak kalori, tubuh jadi lebih ringan dan kolesterol juga ikut terbakar.  Hal ini didukung dengan adanya endorpin yang terbentuk di otak sehingga tubuh rileks. Hal ini kemudian mampu meningkatkan kadar HDL tubuh.

5. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengurangi gejala asma
Ketika berenang, Anda pasti akan menahan nafas. Saat inilah Anda belajar untuk tidak bernapas sementara. Dan latihan inilah yang kemudian menjadikan paru-paru lebih longgar dan tarikan nafas Anda lebih panjang. Hal ini juga sekaligus sangat baik untuk penderita asma, karena membantu melatih pernapasan lebih baik.

6. Membangun kekuatan otot

Hal ini sudah sangat jelas. Saat berenang, gerakan tubuh jadi lebih bebas dan gerakan juga menjadi lebih kuat karena tekanan di dalam air. Bukan hanya melatih peregangan otot yang jarang digerakkan, namun juga meningkatkan fleksibilitas dan menghindari nyeri sendi dan otot.

Berenang juga sekaligus olahraga yang mampu membantu menurunkan berat badan dan menambah tinggi badan. Jadi, apapun gaya berenang yang paling Anda kuasai, jika itu memang membuat Anda senang dan nyaman, maka itu tetap sehat dan mampu membakar banyak kalori tubuh Anda.