Kesehatan : Membuat Gigi Lebih Sehat

Kesehatan : Membuat Gigi Lebih Sehat
Kesehatan - Memiliki gigi yang sehat adalah kunci agar pencernaan juga sehat. Sebagai proses awal mencerna makanan, gigi memiliki peran penting untuk melumatkan makanan dan membuat makanan lebih mudah dicerna lambung. Maka kesehatan gigi harus Anda perhatikan.

Gigi sama seperti bagian tubuh lain, jika tidak diperhatikan, maka bisa rapuh, bolong dan rusak. Maka lakukanlah kebiasaan-kebiasaan ini agar gigi tetap sehat dan kuat lebih lama, dilansir oleh geniusbeauty.com.

    Hindari Makanan Panas, Minuman Dingin

    Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah menikmati makanan panas dan minuman dingin bersamaan. Misalnya makan bakso dengan minum es teh. Panas dan dingin yang terkena gigi secara cepat akan membuat gigi lebih rapuh dan mudah retak. Maka hindari kebiasaan makan panas dan minum dingin dalam waktu yang berdekatan.

    Kurangi Makanan Keras

    Gigi dapat terkikis jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan yang keras. Makanan yang terlalu keras ini dapat mengancam dan merusak enamel gigi, hingga lama kelamaan akan merusak gigi secara keseluruhan. Usia 25 tahun ke atas adalah usia tubuh mulai kekurangan kalsium, maka perhatikan makanan Anda.

    Stop Makan Permen
    Banyak dokter menemukan masalah gigi seperti pembusukan di kalangan orang-orang yang menyukai makanan/minuman manis, terutama permen dan cokelat. Stop makan permen dan gantilah dengan manis yang lebih alami, seperti buah-buahan atau jus buah yang tidak diberi gula.

    Cuci Gigi Dengan Sayuran
    Setelah makan, Anda bisa mencuci mulut dan gigi dengan berbagai sayuran berserat tinggi. Sayur seperti mentimun, wortel, lobak dan apel dapat membersihkan gigi dengan cara alami. Tubuh mendapat nutrisi alami, sekaligus gigi lebih sehat dan baik untuk mencegah sembelit.

    Hindari Makanan/Minuman Asam
    Makanan dan minuman asam lama-kelamaan akan mengikis gigi. Maka kurangi makanan atau minuman asam, misalnya kuah pempek, jus asam bahkan jeruk. Tunggu 30 menit setelah mengonsumsi makanan asam, baru sikat gigi Anda.

Semoga tips ini bisa membuat gigi Anda lebih sehat.

Artikel  Kesehatan Menarik lainnya

0 Response to "Kesehatan : Membuat Gigi Lebih Sehat"

Posting Komentar